Home / BANGKA BELITUNG / Bangka City Hotel Gelar Baksos Donor Darah
Suasana berlangsungnya kegiatan donor darah di Bangka City Hotel, Sabtu (26/8/2017) Foto: WINA/LASPELA

Bangka City Hotel Gelar Baksos Donor Darah

PANGKALPINANG, LASPELA- Bangka City Hotel menggelar aksi donor darah sebagai salah satu kegiatan bakti sosial yang rutin digelar sekali dalam satu tahun, Sabtu (26/8/2017).

CEO Bangka City Hotel, Sumiati, kepada negerilaskarpelangi.com mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud partisipasi mengingat stok darah di Pangkalpinang kurang.

“Kami adakan donor darah ini sebagai kegiatan berbagi dan partisipatif mengingat stok darah di Pangkalpinang kurang. Selanjutnya kami ingin melakukan kerja sama dengan perusahaan agar mau ikut partisipasi donor darah, “ujarnya.

Guna menyukseskan bakti sosial donor darah ini, lanjut Sumiati, Bangka City Hotel turut mengajak anggota Korem 045/GARUDA JAYA, Lanal dan berbagai komunitas lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bangka City Hotel juga membagikan 14 bingkisan berupa voucher kamar, voucher makan dari Seafood Eco Garden dan goodie bag dari BRI dan Kalbe Farma kepada pendonor yang beruntung.

Sumiati berjanji, ke depan pihaknya akan memfasilitasi tempat untuk kegiatan donor darah dengan perusahaan-perusahaan lain yang ada, bekerja sama dengan Bangka City Hotel bersama tim Pesona Tv untuk membuat agenda lebih semarak lagi.

Untuk diketahui, sejauh ini stok darah di kota Pangkalpinang tidak sesuai kebutuhan darah di ibu kota provinsi kepulauan bangka belitung sebanyak 900 kantong per bulan.

Dalam sehari, PMI kota pangkalpinang hanya mampu mengumpulkan 10-15 kantong darah.

Jalin Kerjasama

Koordinator Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Pangkalpinang, Rezky Kurniasih, menuturkan, meski stok darah di Pangkalpinang masih kurang, namum berdasarkan data, jumlah kantong yang dapat terkumpul rata-rata sebanyak 450 kantong darah masih lebih baik dibanding 6 kabupaten lain di Babel.

Guna menambah stok darah, PMI perlahan sejak 2016 melalui pencarian, pelestarian donor darah sukarela PMI Kota Pangkalpinang menjalin MoU dengan berbagai instansi agar rutin mengadakan donor darah sebanyak satu kali dalam tiga tahun.

“Sampai saat ini sudah ada 20 instansi yang bekerja sama dengan PMI kota Pangkalpinang. Kita sedang berusaha untuk jalin MoU lagi dengan instansi lain yang belum, ” ujar rezky

Dikatakan Rizky, untuk mengatasi kekurangan kantong darah, alhasil banyak pendonor berasal dari keluarga pasien.

Beberapa golongan darah yang paling dominan di kota Pangkalpinang seperti golongan darah A, B, dan O.

Namun golongan darah langka terdapat pada golongan darah beresus negatif yang dominan dimiliki oleh orang luar negeri.

“Padahal mendonorkan darah itu bermanfaat untuk mengurangi stroke, mengurangi kolesterol, melancarkan peredaran darah dan mempermudah sel darah baru. Untuk laki-laki bagus mendonorkan darah 3 bulan sekali sementara wanita donor darah 2 bulan sekali, “jelasnya.

Pendonor darah pun harus dalam kondisi sehat, beberapa syarat yang harus dimiliki pendonor seperti berusia minimal 17 tahun, berat badan minimal 45kg, HB minimal 12,5-17, tensi normal 100/70,”tutupnya. (Wina)

Editor: Stefan H. Lopis

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: