Home / BANGKA BELITUNG / Gubernur Apresiasi Isnawati Hadi; Cual Ini Langka

Gubernur Apresiasi Isnawati Hadi; Cual Ini Langka

GUBERNUR Kepulauan Bangka Belitung, Dr H Erzaldi Rosman SE MM didampingi Hj Melati Erzaldi meresmikan Museum Cual ISHADI. Orang nomor satu di Babel itu mengapresiasi perjuangan ISHADI, Isnawati – Hadi yang berhasil merevitalisasi kain cual dan mendirikan Museum Cual Ishadi.

“Museum Cual ISHADI menjadi museum satu-satunya di Pangkalpinang yang memberikan wawasan terkait sejarah kain khas Babel. Museum ini menjadi daya tarik dan destinasi wisata baru sekaligus wadah belajar sejarah,” kata Erzaldi Rosman.

Mantan Bupati Bangka Tengah dua periode itu mengungkapkan, “Menurut isteri Wapres Ibu Mufidah Jusuf Kalla, cual ini termasuk langka dan hampir punah. Maka setiap langkah pelestarian, seperti yang dilakukan Bu Isnawati Hadi kita apresiasi. Pemerintah juga sedang mempersiapkan langkah lebih lanjut untuk pelestarian tenun cual ini.”

Erzaldi berjanji membuatkan Peraturan Daerah untuk melindungi kain cual dan produk lain yang sejenis. “Saya juga mengucapkan terima kasih atas upaya keluarga Isnawati Hadi yang telah berupaya membangun budaya di Pangkalpinang. Kehadiran museum ini mengubah wajah Pangkalpinang,” ungkap Erzaldi.

Selain menyimpan Kain Cual yang Ratusan Tahun umurnya, “Museum Cual ISHADI, kalau dilihat menggunakan drone arsitektur atapnya berbentuk konfigurasi kain cual yang terjuntai kebawah. Museum juga dilengkapi berbagai fasilitas diantaranya cafe, makanan khas Bangka, tempat bersantai para pengunjung serta pusat penjualan produk-produk kain khas Babel dan souvenir lainnya,” kata Isnawati Hadi. (wina/ar/ags)

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: