Home / BANGKA BELITUNG / Ini Kata Bupati Soal Keberadaan PLUT di Belitung
Bupati Belitung Sahani Saleh (paling kiri) menyaksikan penandatanganan Mou antara PT Telkom dengan PLUT KUMKM Belitung. (Foto: JUNIANTO/LASPELA)

Ini Kata Bupati Soal Keberadaan PLUT di Belitung

TANJUNPANDAN, LASPELA- Bupati Belitung Sahani Saleh menilai, keberadaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di daerah itu sebagai terobosan baru dalam memajukan sektor UKM.

Pertumbuhan UKM di Belitung dalam kurun waktu 4 tahun belakangan memang cukup pesat.

Dari hanya sekitar 4 ribu UKM di tahun 2013 lalu, kini sudah menjadi 16 ribu UKM. Sebuah pertumbuhan yang menggembirakan.

Kabupaten Belitung, diakui Bupati, memang sudah melakukan pembinaan terhadap UKM melalui berbagai pelatihan-pelatihan.

Para pelaku UKM juga diberikan tempat pemasaran yaitu galeri KUKM dan pameran di luar daerah. Dari sisi permodalan, sudah lama terjalin kerja sama dengan Bank SumselBabel untuk subsidi perkreditan dengan bunga hanya tiga persen.

Menurut politisi yang akrab disapa Sanem ini, pertumbuhan UKM tidak lepas dari sektor ril kemajuan pariwisata. Beberapa grup hotel besar pun sudah berinvestasi di Belitung.

Pemerintah sendiri mendorong seluruh desa harus memiliki minimal satu destinasi, sehingga efek luasnya akan bertumbuh UKM baru.

“Keberadaan PLUT ini kita berharap sebagai tempat pertolongan UKM untuk lebih baik. Untuk masyarakat Belitung agar dimanfaatkan gedung ini yang telah diisi konsultan-konsultan,” pungkasnya. (Jun)

Editor: Stefanus H. Lopis

 

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: