Home / BANGKA BELITUNG / Disdik Pangkalpinang Lakukan Uji Coba Full Day School

Disdik Pangkalpinang Lakukan Uji Coba Full Day School

PANGKALPINANG, LASPELA- Delapan sekolah di Kota Pangkalpinang menerapkan sistem belajar “full day school” sesuai Permendikbud No 23 Tahun 2017.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Edison Taher, mengatakan, pelaksanaan sistem tersebut sebagai persiapan untuk penerapan Perpres yang tengah diproses.

“Maka dari itu kita menerapkan ini sebagai percobaan agar dapat mengetahui apa kekurangan dan apa yang harus dievaluasi. Kalau tidak dicoba bagaimana bisa kita mengetahui kendala program ini,” kata Edison, Selasa (25/7/2017)

Delapan sekolah yang sudah menerapkan sistem ini mulai dari tingkat SD sampai SMP yang ditunjuk sebagai percontohan. Untuk SD ditetapkan SDN3, sedangkan untuk SMP masing-masing SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 10, SMPN 6 dan beberapa SMP swasta.

Edison berharap dengan dilaksanakannya program ini para tenaga pendidik ataupun guru dapat benar-benar melihat apa yang menjadi potensi anak didik yang harus dikembangkan agar ke depan menjadi spesialisasi.

“Jadi dalam hal ini bukan semata-mata akademik saja, namun non akademik juga dimaksimalkan, misalnya anak-anak yang berpotensi dalam bidang olahraga maka gurunya harus memfasilitasi untuk mengembangkan bakat itu dan juga berkomunikasi dengan orang tua untuk melaporkan detail keseharian dan perkembangan siswa,” ujarnya. (Ant)

Editor: Stefanus H. Lopis

 

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: