Home / BANGKA BELITUNG / Bantuan Sesuai Kebutuhan Daerah
Gubernur Babel Erzaldi Rosman saat berbicara di hadapan para peserta rapat, Kamis (6/7/2017). Foto: Humas

Bantuan Sesuai Kebutuhan Daerah

PANGKALPINANG, LASPELA– Ratusan Kepala Desa, Lurah dan Camat se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengikuti rapat Penguatan Sistem Pendataan Terpadu Pemerintahan Desa, bersama Gubernur Babel, H. Erzaldi Rosman Djohan.

Kegiatan sehari yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Babel tersebut dilaksanakan di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai Provinsi, Kamis (6/7/2017) lalu.

Acara yang dipandu Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ir. H. Syahrudin, M.Si tersebut, menghadirkan pembicara utama Gubernur Babel, H. Erzaldi Rosman, Kepala BKKBN RI, Surya Chandra Surapaty, Kepala BPS Babel, Darwis Sitorus yang masing-masing memberikan paparan di hadapan para Camat, Kades/Lurah yang hadir.

Selain Pembicara Utama, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Babel juga diberikan kesempatan memberikan penjelasan terkait berbagai program yang sedang dan akan dijalankan.

Gubernur Erzaldi Rosman dalam paparannya memberikan penjelasan umum bantuan kepada masyarakat desa, kelurahan dan kecamatan di Babel kepada Desa dan Kelurahan.

Mantan Bupati Bangka Tengah ini menyebutkan, bantuan itu terdiri dari beberapa sektor yang disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing daerah.

“Di Kota Pangkalpinang, masalah yang paling pelik adalah penanganan sampah. Bantuan ini nantinya, salah satunya digunakan untuk operasional sampah,” ujar Gubernur Erzaldi.

Bantuan di sektor lain juga, lanjut dia, akan diberikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah seperti Pertanian, Pariwisata, UMKM, transportasi dan lainnya.

Seperti bantuan di sektor wisata, Gubernur berharap nanti setiap daerah melaporkan destinasi wisata yang ada di daerahnya yang telah di bentuk masyarakat Sadar Wisata, sehingga akan diberikan bantuan berupa Mushola, Toilet atau sarana wisata lain yang nanti pengelolaannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat dengan tujuan peningkatan pendapatan masyarakat.

Untuk itu, Pemprov Babel bersama camat akan memantau dengan menkonsolidasikan, membina dan mengawasi pelaksanaan bantuan dari Provinsi ini. Tidak ada kegiatan yang dilakukan lurah/kades yang tidak diketahui oleh camat masing-masing, sebagai fungsi control.

Pengawasan ini, nantinya juga akan berkembang dengan sistem Informasi Teknologi (IT).

“Diharapkan nanti Setiap Lurah akan membuat juknis, yang disusun bersama-sama dengan kabupaten/ desa juga dengan camat, sehingga jangan sampai dana yang diluncurkan tidak dipakai,” ungkap Erzaldi.

Selain ratusan kepala desa, lurah dan camat se-Babel, dalam pertemuan ini, juga hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan Kepala OPD di lingkungan Pemprov Babel. (humasbabelprov)

Editor: Stefanus H. Lopis

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: