Home / BISNIS / NAM Air Datangkan Pesawat Baru untuk Terbangi Rute Terpencil
Pesawat baru NAM Air berjenis ATR 72-600 dengan registrasi PK-NYY .

NAM Air Datangkan Pesawat Baru untuk Terbangi Rute Terpencil

JAKARTA, LASPELA- Penambahan armada baru diyakini mampu memperkuat konektivitas penerbangan antar daerah. Maskapai NAM Air mendatangkan armada tambahan jenis ATR 72-600 dengan registrasi PK-NYY untuk memenuhi kebutuhan penerbangan di rute-rute Indonesia Timur.

Senior Corporate Communications Manager Sriwijaya Air Group Agus Soedjono menyatakan, kebutuhan penerbangan di rute-rute terdalam di kawasan timur Indonesia masih besar. Terutama di Papua, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara dan Kepulauan Jawa yang memiliki bandara dengan spesifikasi terbatas dan hanya mampu melayani pesawat-pesawat tipe kecil seperti ATR 72-600 ini.

Pesawat ini adalah satu dari enam unit yang telah dipesan. Dengan pesawat ini, Sriwijaya Air Group semakin memantapkan posisi NAM Air sebagai pengumpan (feeder) Sriwijaya Air sebagai induk yang melayani kota-kota besar di Indonesia.

“Diharapkan dengan kehadiran ATR 72-600 ini, kami bisa mengkoneksikan kota-kota terdalam Indonesia dan membantu perkembangan ekonomi dan infrastruktur daerahnya, seperti yang pernah kami lakukan di Malang, Lubuklinggau, Silangit dan beberapa daerah lainnya,” ujar Agus Soedjono.

Agus menyebut, dipilihnya pesawat dengan tipe ATR 72-600 ini bukan tanpa alasan. Pesawat ini berkapasitas 72 kursi yang bisa menampung cukup banyak penumpang dengan daya jelajah hingga 1.500 km. Selain itu, pesawat ini juga memiliki fitur-fitur canggih yang bisa menunjang kenyamanan dan keamanan penerbangan, seperti fitur ‘boost’ yang amat berguna ketika lepas landar di jalur pendek dan dan Multi-Purpose Computer (MPC) yang akan meningkatkan keamanan penerbangan dan kemampuan operasionalnya.

“Kemudian, kondisi cabin pesawat juga dilengkapi dengan sistem pencahayaan baru dan kursi dengan seat pitch 31 inchi yang membuat pengalaman terbang menjadi lebih nyaman. Dengan menggunakan mesin turbo propeller, kebisingan pesawat bisa diredup dengan signifikan,” kata dia.

Dalam perencanaannya, NAM Air akan mendatangkan lima pesawat lainnya dalam beberapa bulan ke depan, sehingga sampai dengan akhir tahun 2017 nanti, NAM Air akan memiliki enam unit pesawat ATR 72-600 dan 10 unit Boeing 737-500. (Rilis)

Editor: Stefanus H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: