Home / HEADLINE / Syarat Usulan KEK Sungailiat dan Tanjung Gunung Harus Lengkap Desember 2017
Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Babel, Dr. Ir. Budiman Ginting, Dipl.BE,MM.

Syarat Usulan KEK Sungailiat dan Tanjung Gunung Harus Lengkap Desember 2017

PANGKALPINANG, LASPELA– Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meminta usulan dua Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) masing-masing KEK Sungailiat oleh Kabupaten Bangka dan KEK Tanjung Gunung oleh Kabupaten Bangka Tengah untuk melengkapi syarat usulan paling lambat Desember 2017 mendatang.

Demikian disampaikan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Babel, Dr. Ir. Budiman Ginting, Dipl.BE,MM dalam rapat koordinasi (Rakor) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Provinsi Babel, Senin (19/6/2017).

Dalam Rakor dibahas usulan KEK yang diusulkan dua kabupaten tersebut.

“Setelah pertemuan dan kesepakatan dengan Gubernur, ada usulan agar KEK Sungailiat dan KEK Tanjung Gunung ini diintegrasikan menjadi satu, mengingat kita maunya maju dan cepat. Kesepakatan dengan Gubernur untuk diintegrasikan, diperkuat, tetapi tidak mengurangi ciri khas masing-masing daerah, mengingat lokasi rencana KEK Pulau Bangka ini saling berdekatan. Dengan demikian, satu pengusulnya  dengan dua cluster, yaitu Tanjung Gunung dan Sungailiat,” ungkap Budiman Ginting.

Karena ini menyangkut Antar Kabupaten, ditambahkan Budiman,  Pemprov Babel yang mengkoordinir, dan kegiatan Rapat Teknis inilah yang menjadi pertemuan untuk mengkoordinasikan beberapa hal yang disepakati terutama terhadap pemenuhan 18 persyaratan yang harus dipenuhi.

“Langkah selanjutnya, di bulan Desember 2017, semua syarat usulan harus sudah selesai dilengkapi untuk selanjutnya diusulkan ke dewan KEK Pariwisata Nasional agar ditetapkan sebagai KEK,” tukas Budiman Ginting.

Kegiatan ini, sambung dia, merupakan tindaklanjut dari kunjungan Dewan KEK Nasional, dan hasilnya Sekretaris Sewan KEK menyimpulkan bahwa potensi itu ada, tetapi harus dipenuhi 18 syarat.

“Supaya hal ini lebih cepat, dikoordinir oleh provinsi sesuai dengan kewenangan UU Nomor 23 tahun 2014,” tandasnya.

Pertemuan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, Kepala Bappeda dan jajaran di masing-masing kabupaten. Hadir pula 2 Konsorsium yaitu Konsorsium Pantai Timur Sungailiat dan konsorsium Bangka Tengah.

Sumber: Humasbabelprov.go.id
Editor   : Stefanus H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: