Home / BANGKA BELITUNG / Hari Pertama, BI Kumpulkan Koin dan Uang Lusuh Senilai Rp 76 Juta
Petugas sedang melayani penukaran koin dan uang lusuh di Tanjungpandan, Belitung. (foto Junianto)

Hari Pertama, BI Kumpulkan Koin dan Uang Lusuh Senilai Rp 76 Juta

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Gerakan Peduli Koin dan Penukaran Uang Lusuh Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung pada 17 Mei 2017 di Pantai Tanjungpendam Belitung berlangsung ramai.

Layanan penukaran uang lusuh ini berlangsung dari tanggal 17-20 Mei 2017. Pada hari pertama, Rabu (17/5), total uang lusuh dan koin yang terkumpul dari masyarakat mencapai Rp 76 Juta. Terdiri dari Rp 11 juta uang logam/koin dan Rp 65 juta uang lusuh.

Dila, Manager Unit Operasional Sistem Pembayaran BI Babel mengatakan, tujuan acara peduli koin dan uang lusuh ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang layak edar dan menjaga kualitas uang yang beredar di masyarakat agar selalu dalam kondisi baik.

BI juga turut memberikan edukasi  3D dan cinta rupiah melibatkan anak SD dan masyarakat setempat. Edukasi ini dimaksudkan agar masyarakt lebih mengenal ciri-ciri keaslian uang rupiah dan mengetahui cara memperlakukan uang rupiah.

“Dengan begitu akan  tumbuh rasa kencintaan  dan kepedulian masyarakat terhadap uang rupiah sebagat alat pembayaran yang sah di NKRI dan juga lambang kedaulatan NKRI,” kata Dila.

Acara penukarakan uang ini akan berlangsung hingga hari Sabtu nanti. Ia menghimbau masyarakat Belitung menukarkan uang mereka yang lusuh.

Penulis: Junianto
Editor  : Stefanus H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: