Home / EDU-BUDAYA / Yovi Kampanye Biopori
Yovita Iskandar

Yovi Kampanye Biopori

YOVITA ISKANDAR, Miss Earth berkunjung ke Bangka dalam rangkaian HUT ke 26 Parai Beach Resort & Spa bersama Miss Culinary Tourism World Indonesia 2017, Dewa Ayu Windu Sari Devi. Kedua putri itu mengungkapkan kekagumannya pada Bangka. “Bangka is very wonderfull!”.

Kehadiran Yovi memberi warna tersendiri. Bukan hanya penampilannya yang beauty, namun brainnya juga beautiful. Miss Earth yang satu ini memang benar-benar care terhadap earth, khususnya bumi Bangka dengan menawarkan solusi biopori.

“Biopori secara tidak langsung akan meningkatkan dan menambah luas daya resap air hujan ke dalam tanah. Misalnya biopori dengan diameter 10 cm dengan kedalaman  100 cm maka luas bidang resapan air ke dalam tanah akibat biopori ini menjadi 1/3 M lebih luas dibandingkan dengan media tanah tanpa biopori,” kata Yovi.

Yovi pun mengajak para mahasiswa yang hadir untuk melakukan aksi nyata dengan mengajak rekan-rekan mahasiswa untuk melakukan gerakan massal tanam biopori. “Mari kita berpartisipasi untuk menyelamatkan lingkungan. Bumi kita sudah mulai tua, daya dukung dan daya tampung bumi kita sudah semakin menurun oleh karenanya upaya sekecil apapun akan sangat berarti bagi bumi,” ungkap Yovi.

“Tujuan penanaman biopori ini adalah untuk menghambat air hujan yang turun agar tidak cepat maupun langsung masuk ke laut secara percuma. Biopori dapat menampungnya sebagian dan menjadi sumber air tanah serta diharapkan dapat menjadi salah satu langkah kongkrit untuk mencegah banjir ” kata Yovi.

Dengan mahkota di kepalanya, Yovi dengan tetap ceria meladeni berbagai pertanyaan mahasiswa yang merespon sharing pengalamannya.  Yovi berpesan, kondisi bumi kita ke depan tergantung pada kepedulian kita pada penjagaan terhadap bumi. (ags)

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: