Home / BANGKA BELITUNG / Bangun Citra Positif, ISPB Dibekali Kemampuan Tour Guide
Hardianto, Ketua ISPB.

Bangun Citra Positif, ISPB Dibekali Kemampuan Tour Guide

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Ikatan Sopir Pariwisata Belitung (ISPB) merupakan wadah bagi para sopir yang bergerak di bidang pariwisata di daerah tersebut. Untuk membangun citra positif dunia pariwisata Belitung di mata wisatawan, para sopir terus dibekali pemahaman salah satunya ialah meningkatkan kemampuan sebagai tour guide atau pemandu wisata.

Ketua ISPB, Hardianto, mengatakan, organisasi yang kini beranggotakan 114 orang tersebut merupakan wadah untuk saling bertukar pikiran, saling membantu, serta melindungi antar sesama anggota.

“Disini mereka diberikan pembekalan dalam melayani turis. Mereka juga dijamin dalam menjalankan tugasnya. Jika turis sepi, maka supir yang sedang kebanjiran rejeki akan membantu. Intinya organisasi ini untuk meningkatkan ekonomi supir pariwisata,” kata Hardianto saat ditemui LASPELA di sebuah kedai kopi, Kamis (23/2/2017).

Menurutnya,  para sopir yang tergabung di ISPB dibekali kartu identitas dan seragam. Hardianto menjelaskan, mereka sangat memahami kondisi alam dan sejarah Belitung.

Untuk memperkuat pembekalan, mereka setiap bulan juga rutin mengadakan pertemuan. Juga bekerjasama dengan Dinas pariwisata, kepolisian, BNN, dan tokoh masyarakat.

“Mereka ini ibarat ujung tombak untuk membangun citra yang baik dalam melayani turis. Sehingga turis merasa seperti di kampung sendiri,” pungkasnya.

Reporter: Junianto
Editor     : Stef H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: