Home / BANGKA BELITUNG / Terima Kunjungan Tim Desk Pilkada Kemenko Polhukam, Ini Respon Plt Gubernur
Plt Gubernur Babel saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama tim desk pilkada Kemenko Polhukam, Rabu (18/1/2017).

Terima Kunjungan Tim Desk Pilkada Kemenko Polhukam, Ini Respon Plt Gubernur

PANGKALPINANG, LASPELA- Dr. Ir. Yuswandi A. Temenggung, Plt Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Kesiapan Akhir Pentahapan Pilkada Tahun 2017 di Ruang Pantai Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Rabu (18/1/2017).

Plt Gubernur dalam kesempatan itu, menyambut baik kunjungan Tim Desk Pilkada Kementerian Koordinator Politik Hukum dan HAM (Kemenko Polhukam) dalam Rakor pelaksanaan pemantauan yang telah dilakukan atas kesiapan akhir pentahapan Pilkada tahun 2017 di Babel.

“Selamat datang kepada Tim Desk Pilkada Kemenko Polhukam Republik Indonesia yang telah datang, dan nantinya memberikan solusi-solusi, terutam kepada penyelenggara Pilkada di Babel,” kata Yuswandi.

Terkait anggaran, lanjut Plt Gubernur, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel telah menganggarkan biaya Pilkada tahun 2017 dari anggaran APBD 2016, dan APBD 2017 yang  merupakan fasilitasi dari Pemprov Babel dalam mensukseskan Pemilukada.

“Fasilitasi yang dilakukan Pemprov Babel, terutama dalam support penganggaraan telah dilakukan secara terencana pada APBD 2016 maupun 2017, sehingga mencukupi anggaran dalam penyelenggaraan Pilkada 2017,” ungkap Yuswandi.

Yuswandi menegaskan, Pemprov Babel telah menyampaikan kepada Kepala Daerah Kabupaten/Kota sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, agar dapat melaksanakan dan mensukseskan Pilkada Babel.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Desk Pilkada Kemenko Polhukam, Brigjend Syafi’ul menjelaskan, kehadiran Tim Desk Pilkada Kemenko Polhukam dalam rangka sinkronisasi, harmonisasi  serta mengantisipasi kegiatan Pilkada tahun 2017, serta solusi pasca Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Koordinasi

Kepala Badan Kesbangpol Babel, Drs. H. Tarmin, M.Si menambahkan, Kesbangpol Babel telah melakukan koordinasi dengan KPUD Babel dan Bawaslu serta telah menempatkan pegawainya di KPU Babel sebanyak 16 orang, di Bawaslu Babel sebanyak 9 orang, sehingga jumlah seluruhnya 25 orang.

“Kami telah melakukan koordinasi dan telah menempatkan personil PNS di KPU dan Bawaslu sebanyak 25 orang,” tukas Tarmin.

Plh Ketua KPUD Babel, Dra Lailan Cholidah mengatakan, KPU telah menyediakan TPS sebanyak 2.698, dan setiap TPS disediakan 2 bilik suara untuk pencoblosan surat suara.

“KPU telah menyediakan seluruhnya 2698 TPS yang tersebar di 7 kabupaten/kota, dan setiap TPS disediakan 2 bilik suara,” ungkap Lailan.

Untuk penghitungan suara, lanjut dia, sudah menggunakan aplikasi SITU yang merupakan aplikasi untuk menghitung suara Pilkada tahun 2017.

“Untuk penghitungan suara kami sudah menggunakan aplikasi SITU, yang nantinya digunakan dalam penghitungan suara,” jelas Lailan.

Turut hadir dalam Rakor tersebut Anggota Tim Desk Pilkada Kemenkopolhukam Brigjen Iwan Haris Sugiarto, Brigjen Wakin Mardiyono, Kolonel Inf. Gathot Tridoyo, Pejabat dari unsur Forkompimda Babel, Tim Desk Pilkada Babel Asisten I Sekda Babel Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Haryoso, SH serta unsur terkait lainnya.

Sumber: humasbabelprov.go.id
Editor  : Stefan H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: