Home / BANGKA BELITUNG / Lomba Lintas Alam, Ajang Promosi Wisata Berbasis Lingkungan 

Lomba Lintas Alam, Ajang Promosi Wisata Berbasis Lingkungan 

MUNTOK, LASPELA– Ribuan peserta terdiri dari 156 regu mengikuti Lomba Lintas Alam Menumbing 2016 di kawasan wisata menumbing, Minggu (27/11/2016) kemarin. Kegiatan ini bertujuan mempromosikan pariwisata Bangka Barat berbasis lingkungan hidup.

Adapun 156 regu tersebut terdiri dari kategori pelajar sebanyak 78 regu, kategori instansi dan umum 67 regu dan kategori pasukan terlatih sebanyak 11 regu. Kegiatan Lomba Lintas Alam menumbing 2016 merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

“Lomba Lintas Alam Menumbing ini bertujuan mempromosikan pariwisata,  meningkatkan rasa kecintaan terhadap lingkungan serta memupuk kepedulian khususnya generasi muda dalam upaya pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan ini pula kami harapkan dapat mewujudkan pariwisata berkelanjutan berbasis ekowisata Menuju Bangka Barat Hebat 2021,” kata  Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Drs Rozali.

Lebih lanjut  Rozali mengatakan, peserta Lomba Lintas Alam Menumbing tahun ini, bukan hanya diikuti oleh peserta dari Bangka Barat tapi juga diikuti peserta dari luar .

“Kami (Pemkab Babar-red) menyampai terimakasih atas partisipasi peserta baik dari Babar maupun dari luar Bangka Barat. Semoga Lomba Lintas Alam Menumbing ini dapat menjadi petualangan yang  menyenangkan,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun LASPELA dari pihak panitia, Lomba Lintas Alam Menumbing tahun 2016 juga dikuti oleh peserta  dari Pemprov Babel, Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah,Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka.

Sebelum Lomba dimulai masing-masing peserta yang tergabung dalam 156 tim tersebut unjuk kebolehan dengan menyerukan yel-yel yang selaras dengan gerakan yang ditampilkan.

Selanjutnya seluruh tim mulai melakukan petualangan menelusuri rute yang telah ditetapkan panitia. Rute yang dilewati yaitu dimulai start dari bawah kaki menumbing dan  finish di puncak Bukit Menumbing.

Penulis: Krisna
Editor  : Stefan H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: