Home / ADVERTORIAL / Duta Wisata Representasi Wisata Babel

Duta Wisata Representasi Wisata Babel

Duta Wisata Babel 2016  Rahmat Hidayat-Ulfah Dzakiyyah Istiqomah 

SUNGAILIAT, LASPELA- DUTA WISATA merupakan representasi wisata Babel di masa mendatang. Event seperti Pemilihan Duta Wisata ini akan membuat booming pariwisata Kepulauan Bangka Belitung.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Plt.Gubernur Babel, Dr. Yuswandi A. Tumenggung saat menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Pemilihan Duta Pariwisata. “Pariwisata Kepulauan Bangka Belitung  akan terpromosikan melalui sumber daya manusia yang baru saja kita pilih,” kata Yuswandi saat menghadiri program tersebut.

Lebih lanjut Ia mengatakan, pentingnya data dan informasi kelengkapan destinasi wisata yang ada di Babel sangat penting diarsipkan dengan baik. Apalagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang yang sedang gencar akan segera direalisasi.

“Informasi tentang potensi destinasi sangat penting sekali, agar promosinya mudah dan tinggal bagaimana mengkemas dan mengeksplor untuk lebih inovasi lagi,” terangnya.

Penyelenggaraan grand final Pemilihan Duta Wisata Babel 2016  berlangsung semarak dan meriah, yang mana sebelumnya sudah dilakukan karantina pada tanggal 7-10 November 2016 lalu.

Juara pada pemilihan ini akan bertugas mempromosikan destinasi wisata yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara masif, efektif dan inovatif ke kancah nasional maupun internasional. Kegiatan bergengsi bagi dunia kepariwisataan ini berlangsung di Ballroom Aurora Tanjung Pesona Beach Resort & Spa, Kamis (10/11/2016) malam.

Insan Berbudaya

Sementara, Yan Pita Diyaksana selaku Ketua Yayasan Duta Wisata Indonesia mengatakan, duta wisata itu adalah membentuk  insan yang berbudaya dan bermanfaat bagi daerahnya untuk membantu perkembangan pariwisata Babel.

“Duta wisata itu bukan wajah ganteng dan cantik, pakaian adat bagus, berpostur tinggi saja.  Jadi duta wisata itu adalah membentuk insan yang berbudaya dan bermanfaat bagi negeri,” ucap Yan Pita Diyaksana yang sekaligus sebagai juri di ajang tersebut.

Pemilik Yayasan Duta Wisata Indonesia itu menuturkan, kekuatan dari  pariwisata adalah promosi. “Promosi wisata merupakan ujung tombak dalam memperkenalkan dan menjadi populer suatu daerah atau destinasi yang ada,” terangnya.

Pada malam grand final pemilihan Duta Wisata Babel 2016 terdapat 14 pasang finalis bujang dayang yang berasal dari daerah kabupaten/kota se-Provinsi Babel.

Dari 14 finalis tersebut, pihak panitia dan juri mengerucutkan ke-5 besar bujang dayang duta wisata babel 2016.

Dari ke 5 besar yang terpilih para dewan juri memberikan pertanyaan yang telah disiapkan di dalam toples yang berisikan pertanyaan-pertanyaan seputar destinasi dan kepariwisataan daerah Bangka dan Belitung. Setelah itu dewan juri memilih 2 pasang grand finalis dari jawaban yang dijawab yakni Bujang dari Bangka Tengah M. Arif Agitian, Bujang dari Bangka Barat Rahmat Hidayat. Sedangkan dayang dari Kota Pangkalpinang yakni Anis Soliha dan Dayang dari Bangka Induk Ulfah Dzakiyyah Istiqomah.

Dua pasang bujang dayang tersebut mendapatkan 1 pertanyaan yang sama dari dewan juri yang diwakilkan oleh Ketua Yayasan Duta Wisata Indonesia Bapak Yan Pita Diyaksana yang membacakan pertanyaannya berupa KEK Tanjung Kelayang masuk dalam kategori program wisata nasional 10 Bali baru.

Dari hasil jawaban dua pasang bujang dan dayang tersebut, para dewan juri memilih Pemenang Duta Wisata Babel 2016 yakni Bujang dari Kabupaten Bangka Barat saudara Rahmat Hidayat sedangkan Dayang Duta Wisata Babel oleh Ulfah Dzakiyyah Istiqomah dari Kabupaten Bangka Induk.

Pemenang Duta Wisata Babel 2016 nanti akan dikirim ke ajang nasional yang diselenggarakan di Papua pada tanggal 28 November sd 5 Drsember 2016 dalam ajang pemilihan Duta Wisata Indonesia 2016.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Plt. Gubernur Babel Dr. Yuswandi A. Tumenggung, Kadisbudpar Prov. Babel Drs. Rivai, Pemerhati Budaya Babel Ahmad Elvian, Para pemangku pariwisata dan tamu undangan lainnya.

Berikut LAS PELA Melansir Komentar Terkait Perhelatan Duta Wisata 2016

THEN YOHANES 
GM  TANJUNG PESONA BEACH RESORT & SPA 

img_6985“Kami sangat bersyukur dan senang penyelenggaraan  Pemilihan Duta Wisata Babel tahun 2016 ini bisa diselenggarakan di Tanjung Pesona  Resort dan ini merupakan yang pertama kali diadakan.

Tanjung Pesona diharapkan bisa menjadi tempat menginap dan berwisatanya para turis di Pulau Bangka ini karena memiliki garis pantai yang panjang serta pasir yang putih. Selain itu juga terhampar  view yang bagus dan indah sehingga segala arah penjuru pantai bisa terlihat  dan bisa dinikmati dan mendapat julukan destinasi  “360°”.

Saya berharap kedepannya pemenang Duta Wisata Babel 2016 ini bisa menggerakkan wisata Babel lebih baik dan mempromosikan ke luar daerah lain dengan bagus.

RAHMAT HIDAYAT
DUTA WISATA BABEL 2016

rahmat-hidayatSaya akan memanfaatkan teknologi informasi melalui media sosial untuk lebih cepat dan tersebarbluas dalam mempromosikan destinasi-destinasi yang ada di Bangka Belitung. Foto-foto destinasi wisata beserta unggulannya dilengkapi diberi caption yang bagus sehingga kepariwisataan bisa tereksplor dengan baik.

Sedangkan untuk membuat para wisatawan domestik maupun mancanegara, terlebih dahulu kita akan mengajarkan masyarakat Babel untuk selalu ramah tamah terhadap tamu, sopan santun dan selalu terbuka kepada semua orang.

Disamping itu juga, kebersihan dan sarana prasarana destinasi wisata harus terjaga agar pengunjung merasa betah dan nyaman berwisata ke Babel. Dengan demikian, para wisatawan tersebut bisa mempromosikan kepada daerah mereka masing dengan keanekaragaman dan kenyamanan dalam berwisata kesini, sehingga wisata babel bisa berkembang dan banyak wisnu maupun wisman ke Negeri Laskar Pelangi ini.

ULFAH DZAKIYYAH ISTIQOMAH

ulfahSaya akan mempromosikan kedepan setelah menyandang gelar Duta Wisata Babel ini adalah memgeksplor keunggulan destinasi di Pulau Bangka dan Pulau Belitung.

Kalau di Pulau Bangka tepatnya Kabupaten Bangka ada destinasi wisata baru yakni Pantai Tongaci Waltare Wave yang mana sekarang sudah sangat terkenal baik di lokal, nusantara dan mancanegara karena mempunyai keunikan tersendiri.

Selain itu juga  Tanjung pesona Resort dan spot-spot destinasi wisata yang unik dan bagus di sekitar Pulau Bangka. Sedangkan di Pulau Belitung akan mempromosikan KEK Tanjung Kelayang yang mana sekarang lagi dalam pembangunan resort-resort yang bagus serta ditunjang bandara yang bertaraf internasional.

Ini akan menjadi pacuan untuk mewujudkan 500 ribu wisatawan berkunjung ke Belitung maupun Bangka pada tahun 2019. Saya kira ini merupakan potensi dan peluang yang sangat besar untuk bisa menghadirkan para wisatawan dan sekaligus mendukung program pemerintah dalam mendatangkan visiters pada tahun 2019 sebesar 12 juta wisatawan.

Agar para wisatawan merasa nyaman dan betah di Babel, selain promosi yang gencar. Saya akan mengkoreksi budaya, sebab budaya atau wisata budaya yang bagus akan membuat wisatawan seseorang enak untuk berkunjung ke Babel dan sedangkan para wisnu maupun wisman pasti akan berkunjung dimana mereka tidak memiliki budaya yang sama dengan daerah mereka. Otomatis, budaya yang bagus dan unik yang akan mereka kunjungi. (adv)

Penulis: Abdullah Randi
Editor  : Agus

img_6951 0 1 2 5 img_6941

Suasana penyelenggaraan malam grand final Pemilihan Duta Wisata Babel 2016  yang berlangsung semarak dan meriah. (foto: Dustin & Gusti) 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: