Home / TIPS / Belum Punya Pekerjaan?? Ini Solusinya!!

Belum Punya Pekerjaan?? Ini Solusinya!!

Di jaman yang berteknologi informasi yang maju seperti sekarang ini, tidaklah mustahil mempunyai penghasilan hanya dari rumah dan bermodalkan internet. Yaitu menjadi Freelancer. Dimana Freelancer itu sendiri bekerja secara lepas dan kompeten dengan bidangnya masing-masing.

Dan untuk menjadi Freelancer kini kita tidak perlu lagi kesana kemari untuk mencari pekerjaan. Karena sekarang sudah banyak situs-situs joblisting yang akan membantu para freelancer untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan sebagai pekerja lepas.

Dibawah ini beberapa contoh situs untuk mempermudah Freelancer mencari pekerjaan.

1. Upwork.com

upwork.com

upwork.com

Situs freelance yang pernah bekerja sama dengan Microsoft, Unilever, Panasonic, dan Cisco ini telah memberikan 2,8 Juta pekerjaan ke lebih dari 1,5 juta pekerja freelance-nya.

Upwork menampilkan proyek-proyekfreelance untuk berbagai bidang.

Upwork memiliki kelebihan pada sistem kategorisasinya yang memisahkan antara proyekentry-level dengan proyek expert-level, sehingga memudahkan kita untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan kita.

Namun sayangnya, Upwork tidak tersedia dalam bahasa Indonesia sehingga agak menyulitkan mereka yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup.

2. Freelancer.co.id

screenshot_342

Situs yang pertama yang bisa kamu coba adalah Freelancer.co.id. Situs ini tersedia dalam berbagai bahasa dan memiliki delapan kantor di berbagai negara dengan ratusan proyek baru setiap jamnya.

Freelancer.co.id memiliki kategori dan keahlian yang lengkap sehingga kita bisa memilih secara mendetail keahlian yang ingin ditawarkan, mulai dari pemrograman, desain, hingga penulisan konten.

Meski terlihat sulit dan rumit di awal, Freelancer.co.id menawarkan sistem tutorial yang rapi bagi pengguna yang baru menggunakan sistemnya. Metode pembayaran yang dapat dilakukan adalah kartu kredit, Skrill, dan PayPal.

3. sribulancer.com

sribulancer

Kali ini kita akan membahas tentang situs job marketplace untuk freelancer asal dalam negeri yaitu Sribulancer. Situs web yang diluncurkan pada September 2014 ini menawarkan variasi lowongan pekerjaan yang luas mulai dari desain web, desain grafis, pemrograman, penulis artikel, penerjemah dan masih banyak lagi.

Setelah mendaftar untuk tergabung dalam Sribulancer, kamu harus membuat profil yang menjelaskan tentang deskripsi jasa yang kamu tawarkan, portofolio kamu, keahlianmu, upah yang kamu patok untuk jasamu dan sebagainya. Klien dapat menghubungi kamu apabila mereka tertarik ketika melihat profilmu. Selain menunggu untuk ditemukan oleh klien, kamu juga bisa proaktif mencari sendiri pekerjaan yang kamu inginkan dengan fitur Mencari Proyek.

4. Proz.com

screenshot_343Proz adalah situs job listing untuk freelance yang berkonsentrasi dalam bidang bahasa atau penerjemah. Jadi buat kamu-kamu yang berminat dan mahir dalam menerjemahkan bahasa ini dia tempatnya, karena ada banyak kesempatan untuk pekerjaan di bidang penerjemah di sini. Situs web yang berbasis di Syracuse, New York, Amerika Serikat ini tersedia dalam lebih dari 45 bahasa.

Setelah regristrasi di Proz.com kamu dapat menjabarkan identitas profesionalmu sebagai penerjemah dalam profil dan mulai mencari atau menerima tawaran kerja yang sesuai dengan kemampuanmu lewat situs tersebut. Selain fitur untuk mencari dan menerima pekerjaan sebagai penerjemah, Proz juga memiliki layanan lain, seperti forum diskusi, kamus online, dan lain-lain, meskipun sebagian besar dari layanan ini berbayar.

Untuk mengukur kemampuanmu sebagai freelancer, situs ini menggunakan sistem reputasi di mana reputasimu akan meningkat sesuai kinerjamu. Semakin bagus reputasi seorang freelancer, semakin mudah ia mendapatkan pekerjaan.

Sistem pembayaran yang ditawarkan sesuai dengan kesepakatan antara freelancer dan klien yang menggunakan jasa mereka. Biasanya untuk pembayaran antar negara, metode dengan PayPal; kartu kredit; Payoneer dan semacamnya masih menjadi idola.

Pemasukan yang bisa kamu dapatkan dari bekerja melalui Proz juga bervariasi, tergantung tingkat kesulitan, jumlah pekerjaan atau kesepakatan lain yang disesuaikan antara freelancer dengan klien.

 

5. Project.co.id

screenshot_344Projects.co.id adalah “Project and Digital Product Marketplace” atau tempat transaksi (menawarkan project dan mencari project) secara online antara owner (pemberi kerja/ pengguna jasa) dan worker/freelancer khususnya Freelancer Indonesia (pekerja/tenaga ahli).Projects.co.id juga menyediakan tempat untuk terjadinya transaksi penjualan product digital antara seller (penjual product) dan buyer(pembeli product).

 

6. Gobann

screenshot_345Gobann juga merupakan situs marketplace untuk freelancer asal tanah air untuk kamu-kamu yang tertarik menjadi pekerja lepas. Yang berbeda dengan Sribulancer pada Gobann adalah estimasi bayaran yang bisa kamu dapatkan jika berhasil mendapatkan pekerjaan melalui situs web tersebut. Bahkan tidak ada estimasi dalam soal bayaran, karena sesuai namanya jasa-jasa yang ditawarkan dalam Gobann semuanya dipukul rata menjadi 50.000 rupiah.

Di sini kamu juga tidak hanya mencari pekerjaan tapi menawarkan jasamu kepada para calon klien di mana fitur ini disebut Kangtao. Jadi alih-alih mencari, kamulah yang menawarkan keahlianmu dengan satuan harga Rp. 50.000,-. Tak pelak, patokan harga khusus ini membuat tidak sedikit dari para freelancer di Gobann jadi menawarkan jasa-jasa unik seperti membersihkan kamar dalam satu jam, menirukan suara binatang, menjadi penasihat asmara atau ahli spiritual dan lain sebagainya. Lucu yah! Tetapi banyak juga bidang pekerjaan konvensional yang ditawarkan di sana mulai dari penulis, penerjemah, programmer, IT dan lain-lain.

Sistem pembayaran yang ditawarkan di Gobann bervariasi, selain transfer bank, ada juga metode pembayaran dengan T-Cash, KasPay, dan PayPal.

Itu tadi lima situs marketplace yang bisa digunakan para freelancer buat mencari pemasukan. Kalau kamu tertarik, ada tekad dan kemampuan tidak ada salahnya kamu mencoba salah satu dari situs-situs di atas.

Untuk yang ingin dapat bekerja secara fleksibel dan bisa menentukan targetnya sendiri, freelance adalah cara yang bagus untuk mencari pemasukan. Apabila dilakukan dengan dedikasi, pekerja lepas dapat menjadi profesi yang menguntungkan dan menghasilkan prestasi. Dan buat yang mengejar karir di suatu bidang khusus, pengalaman bekerja sebagai freelancer juga dapat menjadi tonggak yang bagus untuk membangun reputasi dan kompetensimu.

Beberapa contoh situs itu dikutip dari beberapa sumber(techniasia.com & project.id). (shiro)

 

 

 

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: