Home / BANGKA BELITUNG / Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Babar Akan Selenggarakan Lomba Membaca
Rino Rizandi, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Bangka Barat. (foto:kris)

Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Babar Akan Selenggarakan Lomba Membaca

MUNTOK, LASPELA– Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat (Babar) selalu punya cara meningkatkan minat baca masyarakatnya. Salah satu caranya ialah dengan menggelar lomba membaca yang akan digelar dari tanggal 27 hingga 29 September mendatang.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Bangka Barat, Rino Rizandi mengatakan, lomba  membaca  yang dimulai dari tingkat usia dini hingga orang dewasa tersebut akan digelar di Museum Timah Indonesia yang terletak di kota Muntok.

“Kami berharap lomba ini mampu meningkatkan minat baca masyarakat terhadap berbagai bahan bacaan,” ujar Rino Rizandi kepada LASPELA, Senin (12/9/2016) lalu.

Menurut Rino, di era globalisasi saat ini, masyarakat perlu disadarkan untuk terus menambah pengetahuan dan wawasannya dari berbagai sumber bacaan agar tidak tertinggal dari bangsa-bangsa lain.

Rino Rizandi pun menjelaskan, selain lomba membaca, pihaknya juga  telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Babar untuk semakin meningkatkan budaya membaca masyarakat yaitu dengan gerakan 15 menit baca buku setiap hari.

“Gerakan membaca 15 menit ini juga sebagai salah satu upaya penting kami untuk meningkatkan minat baca, kami berharap pihak sekolah aktif melaksanakan untuk kepentingan siswa-siswinya,” kata dia.

Dia menambahkan, koordinasi dengan instansi terkait lainnya juga dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke Perpustakaan Daerah secara teratur bagi seluruh siswa dari setiap sekolah di Babar.

“‘Setiap hari selalu ada kunjungan dari pelajar lokal ke Perpustakaan Daerah, kami berharap pola tersebut terus dikembangkan sehingga pelajar semakin berminat mengunjungi perpustakaan,” pungkasnya.

Penulis: Krisna 
Editor   : Stefan HL

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: