Home / BANGKA BELITUNG / Banyak Sarjana di Babel Nganggur, Wagub: Ini Tantangan Pemerintah
Wakil Gubernur Babel Hidayat Arsani saat diwawancarai wartawan. (foto/bn)

Banyak Sarjana di Babel Nganggur, Wagub: Ini Tantangan Pemerintah

PANGKALAN BARU, LASPELA- Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Hidayat Arsani menghadiri acara wisuda angkatan XIII Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBEK Pangkalpinang bertempat di Ball Room Hotel Santika Bangka, Kamis (8/9).

Di hadapan para dosen, para calon sarjana dan undangan, Hidayat mengungkap keprihatinanya terkait tingginya jumlah pengangguran dari kalangan sarjana di Babel, sembari menyebutnya sebagai tantangan besar pemerintah.

“Dari sekian banyak kampus yang mencetak sarjana, hanya sebagian kecil saja yang bekerja. Sarjana tapi nganggur, ini fenomena yang sangat menyedihkan. Pendidikan harus disuport penuh oleh pemerintah,” ujar Hidayat Arsani dalam sambutannya.

Dia lalu menghimbau petugas Dinas Sosial Tenaga Kerja (Disnaker) se-Babel untuk tidak hanya mendata jumlah pengangguran di daerah, namun berperan menyalurkan para lulusan untuk bekerja seturut bidang ilmu yang digeluti selama di bangku kuliah.

“Untuk petugas Disnaker, datanglah ke instansi pemerintahan dan swasta, tanyakan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan kemudian konsultasikan dengan pihak kampus sehingga para lulusan bisa langsung direkrut,” jelas Dayat.

Kepada 43 calon wisudawan/i yang terdiri dari 17 mahasiswa jurusan Akuntansi dan 26 mahasiswa jurusan Manajemen tersebut, Hidayat Arsani berharap agar para lulusan segera mendapatkan pekerjaan.

“Semoga sesekali kita ekspor para wisudawan-wisudawati terbaik kita ke luar negeri, jangan hanya timah, karet, dan sawit,” pungkas Dayat sembari tersenyum kecil.

Stefan HL/Laspela

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: