Home / NASIONAL / Kemenpora Kecewa Rio Haryanto Dicoret Manor
Rio Haryanto. (foto/Ist)

Kemenpora Kecewa Rio Haryanto Dicoret Manor

JAKARTA, LASPELA — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kecewa dengan keputusan Manor Racing yang mengganti pebalap Indonesia, Rio Haryanto, dengan Esteban Ocon untuk sembilan seri tersisa di Formula One (F1) 2016.

Kegagalan manajemen Rio mendapatkan sponsor tambahan untuk melunasi uang perjanjian kontrak sebesar 7 juta euro membuat Manor mengambil keputusan melepas pebalap 23 tahun tersebut, Rabu (10/8) kemarin.

Juru bicara Kemenpora yang juga Deputi IV Bidang Olahraga Prestasi, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan pihaknya baru mengetahui keputusan Manor melepas Rio dari pemberitaan media.

gatot“Kami baru tahu dari media, karena komunikasi terakhir dengan pihak Manor terjadi pada 18 Juli lewat surat pengingat yang mereka kirim. Dalam surat tersebut Manor mengingatkan ada kewajiban yang harus dipenuhi Rio,” ujar Gatot.

“Kami membalas surat Manor dengan mengucapkan terima kasih telah memperhatikan Rio, karena awalnya Rio hanya bisa balapan hingga GP Hungaria. Tapi, faktanya Rio masih tampil di Jerman” jelas dia.

Gatot mengatakan pihaknya kecewa dengan keputusan Manor. Pihak Kemenpora masih berharap Rio bisa tampil penuh satu musim bersama Manor. “Tentunya saja kami kecewa. Dalam artian, ya kok Manor mengambil keputusan sepihak, meski ada kewajiban yang harus dipenuhi Rio,” tegas Gatot.

Terkait tawaran pihak Manor untuk menjadikan Rio sebagai pebalap cadangan di sisa musim F1 2016, Gatot belum bisa memastikan posisi Kemenpora.

“Mengenai status pebalap cadangan, kami kembalikan ke Rio. Kami tidak dalam posisi bisa memberikan rekomendasi. Kami juga belum tahu kewajiban yang perlu dipenuhi untuk bisa menjadi pebalap cadangan,” ucap Gatot.

Sumber: Kemenpora  

 

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: