Home / GETAR / Revolusi Senyum

Revolusi Senyum

“Tinggikan kata kata anda,  bukan nada bicaranya, karena hujanlah yang menumbuhkan bunga dan bukan petir”

Ada seekor anjing kecil yang selalu bermuka muram sedang berjalan-jalan sambil merengut.
Tiba-tiba ia tertarik untuk masuk ke suatu rumah yang pintunya terbuka.
Ia tidak tahu bahwa di dalam rumah itu terpasang 1.000 cermin.
Begitu anjing tersebut masuk ke dalam rumah, betapa kagetnya.

Ternyata ada 1.000 anjing dengan ekspresi terkejut memandang ke arahnya!
Karena merasa terancam, ia pun menyalak ke arah 1.000 anjing tersebut.
Rupanya salakan tersebut dibalas dengan salakan juga oleh 1.000 anjing yang tidak lain adalah pantulan dirinya sendiri di 1.000 cermin.
Karena takut, anjing kecil itu pun keluar dari rumah  itu.
Hati kecilnya berkata, “Rumah ini sungguh mengerikan!”.

Tidak berapa lama, seekor anjing yang berhati riang juga sedang berjalan-jalan di sekitar tempat itu. Ia melihat rumah 1.000 cermin yang pintunya terbuka, dan sambil tersenyum kecil ia pun mengendap masuk.

Betapa senangnya ia, begitu masuk, ia melihat ada 1.000 anjing yg juga sedang tersenyum kecil menatap dirinya! Ia pun mengibas-ngibaskan ekornya dan melompat dengan riang.
Rupanya, 1.000 anjing di hadapannya juga ikut-ikutan mengibaslan ekornya dan melompat. Dalam hatinya ia berkata,
“Wah., menyenangkan sekali di sini.. “

REVOLUSI senyum. Itulah yang harus kita lakukan manakala kita menginginkan dunia memberikan senyuman kepada kita. Dunia keluarga, dunia kerja, dunia wisata bahkan dunia politik memerlukan senyum kegembiraan. “Kenapa harus menangis, bahkan seorang bayi pun selalu tersenyum dan tertawa, tak peduli dunia ini kejam atau baik kepadanya,” kata sebuah kearifan.

Senyum yang hangat adalah bahasa umum yang bernilai kebaikan. Banyak yang menyarankan, “Keep Smiling!”  Tetaplah tersenyum karena hal itu akan membuat anda terlihat lebih baik. Kedamaian tidak dapat dijaga dengan paksaan melainkan dengan pemahaman dan saling pengertian. Kedamaian itu bermula dari senyuman. Pertama-tama berikanlah kedamaian dalam diri anda, setelah itu bawalah kedamaian bagi orang lain

Ayo rasakan; senyuman akan mampu membuat anda melihat keajaiban hidup setiap harinya. Senyuman paling indah adalah senyuman seseorang dalam berjuang melawan air mata

Manakala hidup memberi anda seribu alasan untuk menangis, maka berikanlah ribuan alasan untuk hidup bahwa anda akan tersenyum. Kearifan lain berkata, “Aku memiliki banyak masalah dengan hidupku, tetapi bibir ini tidak mengetahuinya, dan ia pun tetap tersenyum”

Kalau manusia menangis bukan karena mereka lemah melainkan mereka telah menjadi kuat untuk waktu yang sangat lama. Gunakan senyumanmu untuk mengubah dunia tetapi jangan biarkan dunia mengubah senyumanmu

Terkadang diam dan tersenyum adalah dua hal yang mempunya kekuatan besar. Tersenyum akan mengatasi berbagai masalah dan dia akan mencegah anda terlibat dari berbagai persoalan

Dan percayalah kepada seseorang yang mampu melihat 3 hal dalam hidup anda: Duka dibalik senyum anda, cinta dibalik kemarahan anda, dan makna dibalik sikap diam anda

Orang sering berkata, kebahagiaan adalah sumber senyum anda , namun terkadang senyumanlah yang menjadi sumber kebahagiaan anda. Tuhan memberikan gunung dalam kehidupan kita agar kita belajar untuk memanjat

Dia tersenyum dan melihat ke arah lain, itu berarti senyumannya bermakna sesuatu yang tidak bisa dia katakan. Senyum bukanlah hal mahal yang dapat mengubah penampilan anda.

Kedamaian, cinta, dan kebahagiaan, 3 hal yang akan membuat anda ingin hidup seribu tahun lagi.Tanpa kedamaian diri, kedamaian untuk orang lain adalah tidak mungkin. Tersenyumlah maka semua dunia akan bahagia akan kehadiran anda, bagai anjing riang kegirangan di depan 1.000 cermin.

Senyum akan memperkaya mereka yang menerimanya tanpa memiskinkan mereka yang memberinya. Dan senyum meskipun hanya sebentar tetapi pengaruhnya kadangkala selamanya.

Psikolog dan ahli komunikasi nonverbal, Paul Ekman, menggunakan istilah senyum duchenne untuk menggambarkan senyum sejati kebahagiaan. Senyum bahagia atau senyum duchenne diidentifikasikan dengan mata bahagia yang menghasilkan keriput di pinggir mata. Tentu saja selain garis melengkung di bibir.

Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah menggaungkan Senyum Pangkalpinang tatkala warganya dilanda banjir tetapi menerima musibah itu dengan tawakal dan tetap tersenyum sambil bekerja bersama gotong royong.

Negeri LASKAR PELANGI sangat memerlukan revolusi senyum untuk menyambut wisatawan yang berkunjung ke negeri The Last Paradise in The World ini. Semoga senyum keramahan yang tulus itu memantul kembali bagai bianglala bahagia yang mensyukuri serta merayakan kehidupan. Semoga!

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: