Home / INTERNASIONAL / Momen Indah Olimpiade Rio 2016
Pesenam Korea Selatan, Lee Eun-ju (kanan), dan atlet Korea Utara, Hong Un-jong, menjadi pembicaraan di media sosial setelah keduanya melakukan selfie. (REUTERS/Dylan Martinez)

Momen Indah Olimpiade Rio 2016

  • Selfie Dua Atlet Korea
  • Wujud Kesejatian Olimpiade.

LASPELA, SPORTS– Selfie adalah hal biasa di zaman modern seperti sekarang. Namun, sebuah aksi selfie dua atlet senam di tengah Olimpiade Rio de Janeiro 2016, telah menjadi salah satu momen paling menarik dari Brasil. Mereka adalah Lee Eun Ju dari Korea Selatan (Korsel), dan Hong Un Jong dari Korea Utara (Korut).

Situasi politik dua Korea, yang terpisah setelah perang (1950-1953), membuat foto selfie keduanya sangat bermakna. Peristiwa yang nyata, bagaimana Olimpiade sejatinya mampu menghadirkan semangat persahabatan. Ada cerita panjang, di balik foto mereka yang sederhana.

Korut dan Korsel adalah dua negara kuat di cabang senam, dengan banyak atlet kelas dunia mereka lahirkan. Artinya, ada persaingan dalam prestasi, selain masalah politik. Dikutip dari Independent pada Selasa 9 Agustus 2016, sebelum melakukan selfie, Lee dan Hong sudah tampak asyik bercengkerama, bertukar senyum dan tawa saat menunggu giliran tampil.

Keceriaan mereka berdua, tidak terlewatkan oleh banyak fotografer, yang segera menyiapkan kamera untuk menunggu momen-momen indah di antara mereka. Hasilnya luar biasa, dan foto-foto mereka menjadi momen indah karena ada beberapa peristiwa lain yang menunjukkan sebaliknya.

Sebelumnya, muncul beberapa berita tentang ketegangan di antara kontingen negara-negara berbeda. Hal tersebut menunjukan bahwa tidak semua negara yang sedang bertikai mampu disatukan dalam Olimpiade. Ofisial Serbia, seperti dikutip dari Independent, telah melarang atlet mereka melakukan foto bersama atlet asal Kosovo.

Kosovo untuk kali pertama tampil di Olimpiade tahun ini sejak merdeka dari Serbia pada 2008 silam. Kosovo mengirim tujuh atlet, dengan dua di antaranya akan menghadapi atlet asal Serbia.

Ketegangan juga dikabarkan sempat terjadi sebelum upacara pembukaan Olimpiade, 5 Agustus lalu. Kontingen dari Lebanon dikabarkan tidak mau berada satu bus dengan kontingen Israel dalam perjalanan ke Stadion Maracana. (hm)

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: