Home / EKO-BISNIS / Ekonomi Tumbuh 5,18%, Menko Perekonomian: Sudah Menggeliat
Menko Perekonomian, Darmin Nasution (foto/Antara)

Ekonomi Tumbuh 5,18%, Menko Perekonomian: Sudah Menggeliat

JAKARTA, LASPELA– Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal II 2016 sebesar 5,18 persen. Posisi ini jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II tahun lalu yakni sebesar 4,66 persen.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, capaian tersebut memang sesuai dengan prediksinya. “Kan saya sudah bilang bahwa malah lebih tinggi dari yang saya bilang. saya bilang 5,1 persen jadi 5,18 persen,” kata dia di kantornya, Jumat (5/8/2016) kemarin.

Darmin mengatakan, salah satu penyebab pertumbuhan ekonomi kuartal II tinggi karena bergesernya panen raya. Pergeseran ini membuat pertumbuhan ekonomi kuartal I 2016 tidak terlalu tinggi dan berkontribusi pada pertumbuhan kuartal II 2016.

Tidak hanya panen raya yang bergeser. Darmin meyakini pertumbuhan ekonomi ini mencerminkan ekonomi dalam negeri sudah mulai menggeliat naik. “Banyak data menunjukkan ekonominya sudah menggeliat naik, apakah itu data ekspor impor, tapi dilihatnya satu kuartal, jangan melihat setahun,” jelas Darmin.

Sumber: Ok 

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: