Home / NASIONAL / Kemenpora dan Kwarnas Teken Perjanjian
Kemenpora melalui Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan pada Deputi Bidang Pengembangan Pemuda bersama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dukungan fasiltas kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka di ruang sidang lantai 3, Kemenpora, Jakarta, Rabu (3/8) kemarin. (foto/humas kemenpora)

Kemenpora dan Kwarnas Teken Perjanjian

  • Kerjasama Bantuan Kegiatan Pramuka
  • Rp20 Miliar untuk Tahun Anggaran 2016

LASPELA, SPORTS– Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka  melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang pemberian bantuan untuk kegiatan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2016 di Ruang Rapat lantai 3 Graha Pemuda dan Olahraga, Senayan Jakarta, Rabu (3/8) pagi.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Rafli Effendy bersama Asisten Deputi Kemenpora Bidang Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan, Sanusi.

Turut hadir menyaksikan Asdep Kemitraan Organisasi dan Penghargaan Pemuda, Wisler Manalu, dan Kabag Perlengkapan dan Pengelolaan Barang Milik Nagara  Biro Keuangan dan Rumah Tangga, Sinyo Nugroho.

Dalam sambutannya, Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Sanusi mengatakan, kerjasama ini adalah yang kedua kalinya. Kerjasama sebelumnya untuk pelaksanaan Jambore Nasional Gerakan Pramuka ke-XX  di Bumi Perkemahan Cibubur pada tanggal 14 hingga 21 Agustus 2016 mendatang, sebesar Rp 71 miliar.

Kerjasama yang kedua ini untuk program Kwarnas sebesar Rp 20 miliar.”Kami berharap bantuan ini dapat memperlancar kegiatan Jamnas yang menghadirkan 26.000 peserta dalam dan luar negeri,” ujar Sanusi.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pramuka Rafli Effendi bersyukur atas apa yang dilakukan Kwartir Nasional dan pemerintah melalui Kemenpora. “Bantuan untuk Jamnas sebesar Rp. 71 miliar  sudah siap digunakan. Kami berharap, Jambore yang sangat diidamkan seluruh Pramuka penggalang di seluruh Indonesia ini berjalan lancar, rencananya pertengahan bulan Agustus, Presiden akan tinjau langsung kesiapan kita,” ujarnya.

“Pada umumnya semua negara ASEAN akan hadir dan beberapa negara Eropa. Jambore ini adalah pesta pramuka penggalang setiap 5 tahun dan sekarang sudah yang ke-10 pesertanya adalah pramuka penggalang usia 10-12 tahun, Jamnas ini bertepatan dengan 55 tahun Hari Pramuka pada 14 Agustus 2016,” tambahnya.

Menurutnya, Kwarnas nantinya akan memberikan penghargaan kepada pramuka teladan, seperti penghargaan Lencana Melati oleh Presiden, Penghargaan Dharma Bhakti termasuk kepada kwartir daerah yang aktif memajukan pramuka di daerahnya baik gubernur, wali kota, dan bupati.

Sumber: Kemenpora 

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: