Home / BANGKA BELITUNG / Beladiri Muaythai Tawarkan Hidup Sehat

Beladiri Muaythai Tawarkan Hidup Sehat

MUAYTHAI merupakan salah satu cabang olahraga beladiri yang telah hadir di Bangka Belitung (Babel) sejak 2006 silam. Keberadaan olahraga yang berasal dari Thailand ini semakin diminati banyak kalangan baik pria maupun wanita.

Hingga saat ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muaythai tercatat memiliki 500 anggota yang tersebar di beberapa wilayah se Babel. Muaythai yang juga dikenal dengan seni beladiri tangan kosong ini pertama kali dibawa ke Babel oleh Surya, seorang petarung pria asal Jawa Barat yang kini menjadi konsultan atau Chief Security PT. Dreamland Property.

Surya mengatakan saat ini beladiri Muaythai telah resmi bergabung dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pusat serta terdaftar di KONI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak 2013 dengan Ketua Umum Muaythai Indonesia Pemprov Babel, AKBP Muzakir Akil SH.

Seiring perkembangan zaman, olahraga Muaythai tak hanya dijadikan seni beladiri namun juga untuk mengeluarkan toksin atau zat-zat beracun dalam tubuh. Selain itu Muaythai juga bisa menurunkan berat badan karena terjadi pembakaran kalori saat latihan berlangsung.

Terkait gelaran beberapa Kejuaraan Nasional yang akan berlangsung dalam waktu dekat seperti Kejuaraan Eksebisi PON XIX/2016 Jawa Barat yang dirangkai dengan pra kualifikasi PON Remaja ke-2/2017 Jawa Tengah dan akan berlangsung di Jawa Barat tanggal 16-21 September 2016 mendatang, Surya mengimbau para pengurus untuk fokus membina para atlet di daerah.

“Pelaksanaan PON Remaja hanya tersedia 12 kelas dengan kuota 102 atlet. Mari memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan lebih fokus lagi membina atlet di daerah. Jangan sampai ada atlet yang dualisme cabang olahraganya,”  kata Surya. (stef)

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: