Home / TIPS / 7 Alasan Mengenalkan Travelling Pada Anak Sejak Dini

7 Alasan Mengenalkan Travelling Pada Anak Sejak Dini

LASPELA – Sebagian besar orang tua tidak menyadari bahwa anak-anak sangat membutuhkan rekreasi. Sebagaian besar orang tua terkadang kurang menyadari bahwa ada anak-anak yang terlahir ekstrovert dan membutuhkan interaksi sosial dengan orang lain. Dan salah satunya adalah dengan travelling sejak dini.

Tidak sedikit manfaat yang bisa dipetik dari travelling sejak dini. Anak-anak yang dilatih dan diajak berpetualang sejak dini akan mengingat hal-hal paling indah selama hidupnya. Bukankan akan sangat menyenangkan jika hal indah itu terekam bersama orang tuanya, bersama ayahnya dan ibunya? Siapa yang tak ingin diingat oleh anak-anaknya sebagai orang tua paling keren yang mereka memiliki.

1. Travelling sejak dini akan membantuk mental anak-anak menjadi pribadi yang bisa menerima kondisi yang berbeda dengan yang mereka dapatkan di rumah. Rasa nyaman di rumah tentu ngangenin dan merupakan zona nyaman, tapi kondisi sulit dan penuh tantangan saat travelling akan mengajarkan anak-anak makna beradaptasi dalam segala kondisi.

2. Travelling sejak dini itu mengajarkan anak-anak untuk melakukan segala hal secara mandiri. Orang tua bisa memberikan tanggung jawab kecil mulai dari membawa ransel mereke sendiri hingga menyiapkan barang-barang travelling yang harus mereka bawa sendiri. Bukankah impian semua orang tua agar anaknya mandiri?

3. Travelling sejak dini mengajarkan bahwa keluarga adalah yang harus mereka prioritaskan. Emosi anak dan orang tua akan terjalin saat semua kesenangan dan kebahagiaan diterima semasa anak-anak. Pernah nonton film ‘Inside Out’? Memori indah saat bermain bersama orang tua inilah yang akan paling bertahan lama sebagai long term memory dalam ingatan anak-anak yang terdalam. Manfaatkan golden age anak-anak dengan bermain dan bersenang-senang bersama keluarganya.

4. Travelling sejak dini akan memberikan pengalaman berharga pada anak-anak. Lakukan perjalanan yang berbeda ke beberapa tempat, bukan hanya sekadar pantai namun juga kalian bisa mengajak anak-anak naik gunung, trekking bahkan sesekali surfing bersama.

5. Travelling sejak dini akan menanamkan emosi positif bagi anak-anak. Terutama saat pertama kali mencoba sesuatu untuk pertama kalinya. Bahkan momen untuk naik eskalator untuk pertama kalianya pun bisa jadi merupakan pengalaman paling indah saat anak-anak. Siapa yang dapat menyangkanya?

6. Travelling sejak dini akan membuat anak-anak belajar untuk percaya diri dengan kemampuannya. Saat orang tua memberikan kepercayaannya pada anak-anak dan mereka akan dengan bangga menunjukkan bahwa mereka bisa membanggakan kedua orang tuanya. Berikan kepercayaan pada mereka dan jadikan rasa percaya diri tumbuh dari dada mereka sendiri.

7. Tak ada keluarga yang sempurna, tapi saat travelling bersama dan mendapatkan kebahagiaan, disitulah kalian akan merasa menjadi keluarga paling beruntung yang sempurna. Begitu juga yang akan dirasakan oleh anak-anak. Mereka berpikir bahwa mereka memiliki keluarga hebat.

 

Sumber : Blog Reservasi

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: