Home / BANGKA BELITUNG / Lansia Beltim Berharap Pemerintah Terus Memperhatikan Mereka
Lansia Beltim ikuti Senam

Lansia Beltim Berharap Pemerintah Terus Memperhatikan Mereka

salah seorang lansia saat mengikuti puisi

salah seorang lansia saat mengikuti lomba membaca puisi

MANGGAR, LASPELA– Ratusan warga lanjut usia (lansia) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) memadati Halaman Kantor Camat Manggar saat Peringatan Hari Lansia tingkat Kabupaten Beltim, Selasa (31/05/2016). Dengan antusias dan penuh semangat para lansia ini mengikuti berbagai kegiatan dan lomba yang diadakan Panitia HUT Lansia.

Para lansia yang berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Beltim ini mengikuti jalan santai, senam sehat, pemeriksaan kesehatan, lomba puisi dan lomba menarik lainnya. Mereka saling berinteraksi dan saling menyemangati satu sama lain.

Salah seorang lansia, Rabu’ie Kasim (73), berharap Pemerintah akan terus peduli dengan keberadaan para lansia. Ia ingin lansia mendapatkan pembinaan agar tetap kreatif dan optimis di usianya sebelum jatuh sakit.

“Kita ingin lansia tetap diperhatikan dan tetap dibina agar tetap kreatif sebelum jatuh sakit. Kita tidak ingin di nomor duakan oleh pemerintah,” kata Rabu’ie.

Menurut warga Desa Baru Kecamatan Manggar ini, di usianya yang sudah senja, kesuksesan dan kebahagiaan bukan lagi memperbanyak materi melainkan melihat kebahagiaan keluarga khususnya anak-anaknya. Selain itu dapat berkumpul, saling berinteraksi dan menjalin silaturahmi membawa dampak positif bagi lansia.

“Kebahagiaan orang tua itu kalau bisa lihat anaknya hidup bahagia dan sehat sejahtera. Lihat anak-anak rukun dengan keluarga sudah Alhamdulillah. Dapat kumpul dengan kawan-kawan lama juga,” ujar Rabu’ie.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Beltim, Zuryanti menjelaskan peringatan Hari Lansi yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2016 lalu merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi untuk para lansia sehingga para lansia dapat terus menumbuhkan semangat dalam berkarya.

“Semangat itu yang harus kita tumbuhkan, karena di usia lanjut bukan berarti tidak bisa berbuat apa-apa. Masih bisa berguna bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” kata Zulianti.

Zuryanti juga berharap generasi muda saat ini dapat belajar banyak dari para lansia. Ia menilai generasi muda saat ini masih lemah dalam pembinaan mental sehingga menginginkan segala sesuatunya secara instan dan mudah menyerah.

“Generasi muda saat ini inginnya instan, dapat sesuatu secara cepat. Kurangnya kesabaran dan apabila mendapat cobaan langsung mudah terjerumus dalam narkoba dan miras,” ujar Zulianti.

Dalam sambutannya Bupati Beltim, Yuslih Ihza mengatakan Pemerintah bertugas mengarahkan membimbing dan menciptakan suasana yang menunjang bagi terlaksananya upaya peningkatan kesejahteraan sosial bagi para lansia.

“Melalui Komisi Daerah Lansia Kabupaten Beltim sebagai organisasi terkait diharapkan dapat dilaksanakan secara sederhana, efisiensi, efektif, dan bermanfaat bagi para lansia, keluarga dan masyarakat,”kata Yusli (Rel/ron).

 

About Yani Basaroni Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: