Home / BANGKA BELITUNG / Ini Dia Tugas Praja IPDN

Ini Dia Tugas Praja IPDN

PANGKALPINANG, LASPELA- Gubernur Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Prof. Dr. Ermaya Suradinata, mengunjungi Para Taruna/Praja Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus ) XXXVI yang bertugas  di Desa Zed, Kabupaten Bangka, Kamis (12/5).

Usai kunjungan tersebut, pejabat nomor satu di tubuh IPDN ini, menegaskan bahwa tugas Praja IPDN tidak hanya bersifat fisik namun juga non fisik. Salah satunya, membekali para perangkat desa dengan pengetahuan pengelolaan dana desa. “Praja maupun taruna juga melakukan penyuluhan pertanggungjawaban keuangan dengan baik, khususnya praja IPDN, sebelum Latsitardanus kita bekali pemahaman pengelolaan dana desa. Bagaimana susun perencanaan yang baik serta cara penggunaannya,” jelasnya kepada awak media.

Dia melanjutkan, kunjungan itu dilakukan guna melihat kondisi para taruna/praja latsitardanus di lapangan. “Saya mulai di Pulau Belitung, Alhamdulillah selama 10 hari sudah 90 persen terpenuhi. Mereka membantu masyarakat seperti membangun rumah tidak layak huni jadi layak huni. Para taruna praja pun sudah bikin jalan sejauh 3 km, kemudian jembatan, gorong-gorong sudah jadi,” terangnya.

Untuk di Pulau Bangka sendiri, sambung Ermaya, beberapa pembangunan fisik juga sudah hampir terealisasi sepenuhnya. “Ada janji dari kabupaten Bangka Induk minta dibuatkan tempat mandi masyarakat. Melalui pak Sekda, bantuan alat dan bahan sudah siap supaya para taruna praja bisa bekerja. Sebelumnya juga sudah dibangun masjid, itu juga hampir 90 persen,” ungkapnya.

Dirinya lantas menyarankan Gubernur Babel, Rustam Effendi untuk kembali meninjau buah karya peserta Latsitardanus di desa-desa yang telah ditempatkan. “Saya harap pak Gubernur bisa hadir, bisa lihat langsung taruna dan praja bekerja,” tutupnya.(Ar)

About Yudhie Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: