Home / BANGKA BELITUNG / PERDAMI OPERASI KATARAK GRATIS I RSUD SUNGAILIAT | BANGKA BELITUNG

PERDAMI OPERASI KATARAK GRATIS I RSUD SUNGAILIAT | BANGKA BELITUNG

SUNGAILIAT, LASPELA–Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) seksi penanggulangan buta aksara akan melaksanakan operasi katarak gratis untuk masyarakat Kabupaten Bangka. Operasi tersebut akan dilaksanakan 15 hingga 17 Mei 2016 di RSUD Sungailiat, bekerjasama dengan Panitia Bakti Sosial (Baksos) Waisak tahun 2016. Kepala Bagian Humas, PDE & Santel Setda Bangka Boy Yandra mengatakan, masyarakat penderita mata katarak dapat mengoperasikan kataraknya melalui bhakti sosial ini, tanpa dipungut biaya.

“Operasi katarak ini gratis, khusus bagi masyarakat kurang mampu dapat langsung ke RSUD Sungailiat,“ kata Boy Yandra, Rabu (4/5) di ruang kerjanya. Dijelaskannya, bagi calon pasien dapat melakukan pemeriksaan awal untuk mengetahui kondisi kesehatan yang dilakukan doter di RSUD Sungailiat, serta pemeriksaan kondisi katarak yang diderita dapat atau tidak dilakukan operasi. “Target sasaran operasi katarak terhadap seratus pasien di kabupaten Bangka, “ jelasnya.

Menurutnya, Padmi bekerjasama dengan RSUD Sungailiat akan menyediakan tenaga dokter spesialis mata dan asisten serta peralatan untuk operasi katarak seperti mikroskop, mesin phacokeratometri, biometri dan instrumen, sedangkan biaya operasi ditanggung sepenuhnya panitia yayasan Vajraboodhi. Diharapkannya, masyarakat yang menderita katarak dapat memanfaatkan kesempatan Bhakti Sosial tersebut, sehingga dapat memulihkan kondisi mata agar lebih baik dan bersih dari katarak.[tom]

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: