Home / BANGKA BELITUNG / Peserta Latsitardanus Babar Lakukan Wisata Juang | BANGKA BELITUNG
Personil Latsitardanus Babar donor darah

Peserta Latsitardanus Babar Lakukan Wisata Juang | BANGKA BELITUNG

MUNTOK, LASPELA—- Serangkaian kegiatan yang dilakukan peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) terus berjalan. Setelah melaksanakan kegiatan donor darah, peserta Latsitardanus melakukan kegiatan wisata juang pada hari minggu(01/05/2016), Bulan Bhakti Gotong Royong(BBGR) dan Promosi Sekolah Taruna/i maupun Praja IPDN.

Daerah wisata yang memiliki nilai sejarah perjuangan dikunjungi peserta Latsitardanus, yakni Bukit Menumbing, museum timah, pantai Tanjung Kalian di kecamatan Muntok ibu kotanya Negeri Sejiran Setason.

Acara wisata juang dimulai dengan kunjungan pertama ke Bukit Menumbing, yang merupakan tempat dimana Presiden RI pertama, Ir. Soekarno diasingkan. Perjalanan dimulai dengan para peserta berjalan mendaki bukit sejauh 5 km, dilanjutkan dengan melihat rumah dimana Bung Karno bersama 9 pejabat pemerintahan lainnya diasingkan.

Museum timah merupakan tempat kedua yang dikunjungi, museum ini bercerita tentang sejarah pengolahan timah di Bangka Belitung,yang merupakan salah satu tempat penghasil timah terbesar di Indonesia. Kunjungan di museum timah diawali dengan sambutan dari kepala museum dan dilanjutkan dengan melihat isi museum didampingi oleh pemandu museum yang menjelaskan mulai dari sejarah timah, hingga peralatan – peralatan yang ada di museum.

Selesai berkunjung di museum timah, rombongan melanjutkan pergerakan menuju mercusuar yang berada di pantai Tanjung Kalian. Mercusuar ini merupakan bangunan yang cukup bersejarah, karena dibangun pada tahun 1862. Seluruh peserta terlihat sangat antusias dengan rangkaian kegiatan ini, mereka sangat menikmati keindahan yang dapat disaksikan dari atas mercusuar.

Selain rangkaian kegiatan wisata juang dan bakti sosial diatas, sebanyak 61 Taruna/i, praja IPDN, dan mahasiswa peserta Latsitardanus Satlatnus-2 kompi D melaksanakan kegiatan safari Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGR) dan pasar murah di desa Air Bulin Kecamatan Kelapa.

Kegiatan Safari Bulan Bhakti Gotong Royong, yang diawali dengan penyerahan bantuan alat kebersihan berupa alat pemotong rumput, disertai dengan pasar murah, dilanjutkan dengan pembersihan gorong – gorong parit yang ada disekitar desa Air Bulin.

Kegiatan berlangsung cukup baik terlihat dari antusiasme warga saat menyambut peserta Latsitardanus dengan makanan ringan dan minuman yang disiapkan oleh warga setempat. Selain program Safari BBGR, terdapat program pembangunan fisik, seperti pengecatan pagar-pagar jalan, pembangunan tanggul hingga renovasi masjid.

Di pasar murah, peserta menjual beberapa barang-barang, meliputi beras 5 kg, gula 1kg, dan Minyak dalam satu paket dengan harga Rp.55 ribu. kegiatan ini bertujuan membantu rakyat yang kurang mampu dan juga melatih para peserta Latsitardanus dalam bersosialisasi dengan masyarakat setempat.

Rangkaian kegiatan lain yang dilaksanakan dalam rangka Latsitardanus adalah promosi ke beberapa SMA dan Madrasah Aliyah di Kecamatan Muntok, Jebus dan Kelapa. Promosi ini dilaksanakanan untuk mengenalkan studi lanjut yang bersifat ikatan dinas kepada masyarakat sekitar khususnya generasi muda.

Kegiatan Promosi ini mendapatkan respon positif dari siswa SMA dan MA tersebut,hal ini terlihat dari antusiasme saat pelaksanaan promosi, dan keriuhan saat Taruna/I dan Praja melaksanakan fashion show. Selain kegiatan diatas, rangkaian kegiatan Latsitardanus 2016 juga melaksanakan kegiatan riset sosial untuk membantu pemerintah daerah melakukan pengembangan daerah.

Komandan Satuan Latihan 2 Latsitardanus XXXV 2016, Letkol Laut (P) Sahatro Silaban mengatakan Rangkaian kegiatan latsitarda diatas seluruhnya bertujuan untuk selain membangun hubugan yang baik dengan masyarakat, meningkatkan rasa cinta kepada tanah air melalui sejarah, juga untuk membina semangat integrasi dan kerjasama sebagai calon pemimpin bangsa kedepan.

Menurut dia, sebelumnya sebanyak 50 Taruna/i, Paraja IPDN, dan mahasiswa peserta Latsitardanus dari Satlatnus-2 melaksanakan kegiatan donor darah yang bertempat di Paviliun Hotel Pasadena. Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerja sama dinas kesehatan pemkab Bangka Barat dan PMI stetmpat.

“Selama kegiatan berlangsung lancar dan memperoleh respon yang baik dari pemerintah setempat. Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu pemerintah setempat, utamanya PMI untuk menambah ketersediaan kantong darah yang ada di PMI,sehingga apabila dalam keadaan darurat dapat segera teratasi,”katanya.

Adapun kegiatan donor darah direncanakan dibeberapa tempat yaitu di kecamatan Jebus dan Kelapa yang diikuti oleh Taruna/I, Praja IPDN, dan mahasiswa sebanyak kurang lebih 200 orang.
“Saat ini donor darahnya masih dilakukan bertahap,”ungkapnya.

Latsitardanus ini diikuti lebih dari 1000 peserta yang merupakan gabungan antara akademi TNI, Akademi Kepolisian, IPDN, serta perwakilan mahasiswa dari Bangka Belitung. Salah satu bentuk kegiatan Latsitardanus adalah membangun sarana atau fasilitas umum sebagai bentuk dari pengabdian Abdi Negara secara nyata kepada Masyarakat setempat.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan sejak tahun 1980 dimana tujuan utama dari kegiatan ini adalah membangun semangat integrasi antar taruna, praja dan mahasiswa beserta masyarakat sebagai calon pemimpin di masa yang akan datang,”katanya.

Satuan Latihan Nusantara 2 atau yang disebut Satlatnus-2 yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bangka Barat terdiri atas 4 kompi yang beroperasi di beberapa kecamatan, yaitu Kompi A di kecamatan Mentok, Kompi B dan C di kecamatan Jebus, dan Kompi D di kecamatan Kelapa. Satlatnus-2 dipimpin oleh Letkol Laut (P) Sahatro Silaban merupakan lulusan Angkatan  ke-45 Akademi Angkatan Laut Surabaya. Adapun Komando utama dari Satlatnus-2 berpusat di taman bacaan Peltim, kecamatan Mentok. (Ron)

About Yani Basaroni Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: