Home / BANGKA BELITUNG / Pelabuhan Sadai Miliki Potensi Wisata Menakjubkan | BANGKA BELITUNG

Pelabuhan Sadai Miliki Potensi Wisata Menakjubkan | BANGKA BELITUNG

LASPELA, Toboali – Selain dapat dijadikan sebagai jalur pelayaran nasional dan internasional, pelabuhan Sadai yang terletak di Kecamatan Tukak Sadai Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel) diyakini memiliki potensi wisata yang menakjubkan. Hal ini diakui oleh Penasehat Kemenko Maritim dan Sumber Daya, Ronnie Higuchi Rusli ketika memantau Pelabuhan Sadai di Toboali, Rabu ( 6/4/2016) guna menindak lanjuti program Pemkab Bangka Selatan untuk mengaktifkan kembali Pelabuhan Sadai menjadi Pelabuhan Nasional dan Internasional.

Sesuai presentasikan Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer dihadapan Menko Maritim dan SDA, konsep pembangunan kawasan Sadai sebagai poros maritim Bangka Selatan, konsep ini selaras dengan letak Pelabuhan Sadai yang dekat dengan Jakarta, Pulau Belitung dan Singapura sebagai nilai tambah bagi Pelabuhan Sadai dalam mengeskalasi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kita akan mempromosikan keindahan Pelabuhan Sadai ke Kementerian Perhubungan yang merupakan mitra Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya RI agar rencana Pemkab Basel menjadikan Pelabuhan Sadai sebagai jalur pelayaran nasional dan internasional dapat terealisasi secepat mungkin,” ujar Ronnie kepada media.

Ronnie mengatakan, Program Pemkab Bangka Selatan ini sudah semestinya mendapat dukungan dari pemerintah pusat maupun pemerintah propinsi, supaya jalur perekonomian laut di Kabupaten Bangka Selatan menjadi hidup dan berdampak positif bagi daerah maupun masyarakat Bangka Selatan. Disamping itu juga letak geografis maupun kelengkapan pelabuhan Sadai sudah sangat layak untuk dijadikan Pelabuhan Nasional dan Internasional.

Saat melakukan survey secara langsung ke pelabuhan Sadai, Ronnie sempat mengelilingi perairan sekitar dengan menggunakan kapal cepat dan dirinya sangat kagum dengan keberadaan pulau-pulau kecil yang berada di sekitar perairan pulau lepar.

Dengan survey ini, Ronnie mengaku bisa menyampaikan secara langsung kepada Menko Rizal Ramli tentang potensi besar di pelabuhan Sadai yang bisa menjadi devisa bagi daerah dan merupakan sumber penghasilan baru bagi warga sekitar.

“Nanti saya sampaikan kepada Pak Menko Rizal Ramli supaya melihat langsung keindahan yang menakjubkan ini, sehingga beliau bisa mengapresiasikan potensi pelabuhan Sadai,” ujar Ronnie (ws/naf)

 

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: