Home / BANGKA BELITUNG / Transformasi Wisata Babel Archi
Sanctuary of Universe Tanjung Pesona Beach by: Pan Liang/photografer Tiongkok

Transformasi Wisata Babel Archi

REVOLUSI mind­set sebagai revolusi baru dunia wisata Kepulauan Bangka Belitung adalah sebuah kenis­cayaan. Pada edisi perdananya Media Satya NEGERI LAS­KAR PELANGI memuat lipu­tan Revolusi Mindset menuju Pariwisata. Semua elemen BA­BEL ARCHI­PELAGO ber­harap revolusi damai menuju pariwisata yang IDAMAN (in­dah, damai dan aman) bisa segera terwu­jud.

P e r u b a ­han mindset (pola pikir) dari pola pikir instant dengan menambang tersebut dalam lima bulan tera­khir ini mengalami transforma­si yang baik gerakan menuju pariwisata. Keunggulan Kepu­lauan Bangka Belitung sebagai Negeri Tho Ngien Fa Ngien Jit Jong yang menciptakan keda­maian, keindahan alam serta variasi kuliner dengan cita rasa kelezatannya memungkinkan pariwisata menjadi primadona yang paling mudah dan paling cepata didorong.

Pemangku kepentingan tidak lagi mengutuk “kegela­pan” krisis ekonomi, namun memilih menyalakan lilin un­tuk bangkit, bersama bersatu bergerak maju. Sebuah forum yang diinisiasi oleh Usmandie Adeska menyelenggarakan diskusi Babel Gemilang. De­mikian pula Kamar Dagang dan Industri Kepulauan Bang­ka Belitung sedang meran­cang konsep kepariwisataan yang bisa semakin mendorong kepariwisataan di Negeri Las­kar Pelangi.

Bahkan, praktisi pariwisa­ta Pangkalpinang langsung melakukan practical trans­formation dengan menggelar Travel Mart 2016 sesudah suk­ses menyelenggarakan Travel Mart 2015. Travel Mart ini juga merupakan sinergitas dari berbagai pemangku kepent­ingan antara lain Pemerintah Kota, PHRI dan ASITA, para seller dan buyer.

Motivator Didik Madani yang juga penu­lis buku Power Speaking mem­berikan optimisme kepada peserta Travel Mart, “Des­tinasi wisata kita mungkin dalam tahap pembenah­an, daya tariknya kurang optimal dan masih diperlu­kan inovasi disana sini. Namun kata kuncinya adalah pada seller yang menarik. Seller dengan power speaking yang menarik akan membuat buyer tertarik. Gu­nakan strategi lima menit per­tama.’

Transformasi dan Sinergi

Sebuah transformasi yang baik memerlukan sinergi yang baik pula. Ketua Pelaksana Pangkalpinang Travel Mart 2016, Wendo Irwanto meng­harapkan pemerintah senantia­sa bersedia bersinergi dengan masyarakat maupun pelaku usaha agar pariwisata dapat berjalan dengan mulus.

“Bangkitnya industri pari­wista ada tiga sisi yaitu pemer­intah, swasta dan masyarakat. Kalau 3 sisi ini bersinergi leb­ih awal maka akan bangkitlah pariwisata Pangkalpinang dan Babel,” kata Wendo.

Wendo menjelaskan, pe­merintah harus lebih gencar mempromosikan, menambah destinasi wisata baru dan lebih memaksimalkan lagi destinasi wisata yang ada.

Khusus pelaku wisata, Wendo berharap kerjasama yang baik seperti tercitanya Pangkalpinang Travel Mart terus terjaga dimana PHRI, ASITA maupun HPI bersatu untuk menge­mas kegiatan seperti Pangkalpinang Travel Mart sebagai titik awal ber­satunya industri pariwisata.

Masyarakat, harap Wendo, bisa turut serta menjaga para tamu wisa­tawan, selain menyambut tamu den­gan ramah juga dapat menjaga tamu dengan memberikan kesan yang baik.

“Peran utama masyarakat san­gat penting. Dengan bergabung nya 3 industri wisata pemerintan dan masyarakat dengan demikian tidak diragukan lagi untuk menjual wisata Pangkalpinang di luar mancanega­ra,” tuturnya.

****

KETUA UMUM KADIN PROVINSI KEPULAUAN BANG­KA BELLITUNG, Ir Thomas Jus­man MM, mengatakan konsep Pangkalpinang Travel Mart sangat baik dan menjadi bukti nyata dan langkah nyata mempertemukan pembeli dan penjual di Bangka Be­litung (Babel).

“Ada sinergi yang baik antara pelaku usaha di Babel terutama agent travel dan hotel-hotel, mem­pertemukan dengan agen travel dari luar babel sehingga membantu mempromosikan potensi di Babel,” ulasnya.

Ketua Umum KADIN BA­BEL menilai positif gerakan-ger­akan pengurus KADIN maupun pimpinan asosiasi pengusaha yang sudah bergerak dengan sangat baik dan membuat kreasi-kreasi di bidang kepariwisataan. (yud)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: