Terus Tanamkan Jiwa Nasionalis, Kesbangpol Pangkalpinang Berikan Pembinaan Ideologi Pancasila ke 56 Purna Paskibraka

Kepala Kesbangpol Kota Pangkalpinang Donal Tampubolon

PANGKALPINANG, LASPELA – Kesbangpol Kota Pangkalpinang menggelar Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Purna Paskibraka Kota Pangkalpinang yang telah bertugas pada tahun 2023 lalu.

Kepala Kesbangpol Kota Pangkalpinang Donal Tampubolon mengatakan, ada 56 purna Paskibraka yang mengikuti kegiatan ini.

“Diantaranya adalah Paskibraka yang bertugas di Kota Pangkalpinang, yang bertugas di Provinsi dan 1 Paskibraka yang bertugas di Nasional, total ada 56 dan semuanya hadir untuk Pembinaan Ideologi Pancasila ini,” katanya.

Tujuan dari pembekalan ini ialah agar tidak terputus ilmu Ideologi Pancasila oleh Purna Paskibraka, dimana dengan ilmu pembekalan ini dapat terus meningkatkan jiwa nasionalisme para anggota.

“Meskipun mereka telah menyelesaikan tugasnya, pembekalan ini terus dilakukan, agar mereka benar-benar menanam Ideologi Pancasila ini,” katanya, Senin (8/7/2024)

Pembekalan dilakukan langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Kesbangpol sendiri, kegiatan ini dimulai pada Minggu 7 Juli hingga 10 Juli 2024.

“Besok mereka akan kita bawa untuk kunjungan sejarah, akan kita bawa ke Muntok, Menumbing, jadi mereka nanti akan dibekali dengan sejarah-sejarah kemerdekaan dan dijelaskan bagaimana sejarah perjuangan kebangsaan untuk menambah wawasan kebangsaan mereka,” tuturnya.

Ia berharap dengan pembekalan ini, Purna Paskibraka dapat menjadi agen perubahan dan memiliki sikap Ideologi Pancasila.

“Ilmu pembekalan yang mereka dapatkan disini dapat disampaikan kepada teman-temannya yang lain jadi mereka memiliki sikap yang sesuai Ideologi Pancasila dan menjadi agen perubahan,” tuturnya. (dnd)