Dinpanpertan Bangka Pastikan Sapi Potong Bebas LSD dan PMK

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Dinas Pangan dan Pertanian (Dinpanpertan) Kabupaten Bangka menjamin sapi potong yang disiapkan untuk Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah bebas dari penyakit Lumpy Skin Diseases (LSD) dan PMK sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinpanpertan Bangka, Krisnaningsih mengatakan, sapi potong yang disiapkan telah memiliki surat rekomendasi pengiriman dan surat bebas dari penyakit tersebut.

“Sapi-sapi potong untuk Ramadan dan Idulfitri ini memang dikirimkan dari luar daerah seperti Lampung, makannya dalam pengiriman ada surat rekomendasi dan dinyatakan sehat,” kata Krisnaningsih, Rabu (27/3/2024).

Dia mengakui, kalau di Kabupaten Bangka ini masih terdapat sapi-sapi yang terserang LSD dan PMK, namun tidak banyak serta berada di tingkat peternak.

“Jadi sapi-sapi yang terkena penyakit ini sudah dilakukan karantina dan penanganan oleh para peternak dan tim kesehatan kita, termasuk saat ini kita sedang melakukan vaksin booster PMK kepada hewan ternak di Bangka,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebanyak 150 sapi saat ini sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan dan Idulfitri 1445 H.

“Satu minggu jelang lebaran nanti akan masuk ratusan sapi potong, dan juga kita memiliki daging beku yang siap memenuhi kebutuhan dan menekan harga jual daging yang tinggi di masyarakat,” tukasnya. (mah)