KONI Babel Tuan Rumah Rakorwil KONI se-Sumatera, Bahas Persiapan PON dan Porwil

Caption: Rakorwil se-Sumatera yang diselenggarakan KONI Provinsi Bangka Belitung di Swiss-Belhotel, Belitung, Kamis (7/3/2024). (ist)

BELITUNG, LASPELA – Melalui tema Spirit of  Sumatera Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Bangka Belitung, menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) KONI se-Sumatera 2024 di Swiss-Bellresort Belitung, Kamis (7/3/2024).

Dalam konsolidasi Sumatera menuju PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 dan  Porwil XII 2027, hadir seluruh ketua KONI Provinsi se-Sumatera sekaligus Ketua KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Letjen TNI (Purn) Marciano Norman memberikan apresiasi langsung, terhadap KONI Provinsi Bangka Belitung yang berinisiatif menggelar Rakorwil se-Sumatera.

“Ini adalah hal positif karena dalam Rakorwil, kita mengevaluasi pelaksanaan porwil yang lalu. Kemudian membicarakan persiapan masing-masing KONI se-Sumatera untuk ikut serta di PON, kemudian juga disinggung kesiapan Porwil yang akan datang yaitu di 2027,” ujar Letjen TNI (Purn) Marciano Norman.

Dalam Rakorwil se-Sumatera 2024 juga menjadi ajang diskusi terkait permasalahan, serta mencari solusi dari masing-masing KONI Provinsi se-Sumatera.

Marciano Norman berharap dengan adanya Rakorwil, mampu mengoptimalkan dan memajukan prestasi atlet yang berasal dari wilayah Sumatera.

“Saya harap melalui Rakorwil ini Sumatera akan semakin solid dalam arti tata kelola organisasi semakin baik, pembinaan atletnya semakin terukur untuk prestasi yang lebih tinggi lagi,” tuturnya.

Sementara itu Ketua KONI Provinsi Bangka Belitung, Ricky Kurniawan mengatakan Rakorwil se-Sumatera diselenggarakan dengan niat memajukan potensi olahraga setiap daerah.

“Kita Bangka Belitung mengajukan dan memberanikan diri menjadu tuan rumah, dimana kita membahas persiapan PON dan membahas Porwil 2027 nanti. Lalu juga membahas dan memberikan masukan ke KONI pusat, apa saja yang menjadi catatan bersama,” ucap Ricky Kurniawan.

Senada dengan Ketua KONI Pusat, Ricky Kurniawan juga berharap olahraga dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

“Harapan kita lebih solid lagi, dimana kita punya slogan spirit of Sumatera karena Sumatera satu kesatuan. Untuk dapat solid selalu agar Indonesia khususnya Sumatera, bisa berkembang dan berprestasi lagi,” (rel)