Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu 2024 di Babar

BANGKA BARAT, LASPELA – Tim Gabungan terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP dan Pelindung Masyarakat (Linmas) menggelar apel Pergeseran Pasukan (Serpas) pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang berlangsung di halaman Mapolres Bangka Barat (Babar), Senin (12/2/2024) pagi.

Sebanyak 1.528 personel dilibatkan, terdiri dari 214 anggota Polri, 114 prajurit TNI dan 60 personel Satpol PP serta 1.140 Linmas. Tim pengamanan ini akan dibagi menjadi dua metode yakni, pengamanan langsung dan tidak langsung di 570 TPS yang tersebar di 66 Desa/Kelurahan.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Ade Zamrah yang bertugas sebagi pemimpin apel, mengarahkan personel yang terlibat untuk dapat menjalankan tugas sebaik mungkin, supaya pemilu serentak tahun 2024 dapat berjalan kondusif dan lancar.

“Personil pengamanan TPS wajib melakukan Mapping sebelumnya, sehingga dapat mengetahui lokasi pengamanan yang akan dilakukan serta lakukan komunikasi dan koordinasi dengan petugas pemungutan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Barat, Sukirman menyampaikan apel pergeseran pasukan ini menjadi momentum untuk memastikan kesiapan dan sinergi antara aparat keamanan dalam menjalankan tugasnya.

“Kami mengucapkan terima kasih terlebih dahulu ke Kapolres dan Dandim yang telah menginisiasi pengamanan pemilu. Mudah-mudahan apa yang sudah kita ikhtiarkan memberikan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaannya nanti,” kata Sukirman.

Komandan Kodim (Dandim) 0431/BB, Letkol Inf. Kemas Muhammad Nauval mengungkapkan telah mempersiapkan prajurit TNI dan siap bersinergi untuk mensukseskan Pemilu 2024.

“Baik personel maupun materinya sudah kami siagakan, bersama kepolisian kami siap menjalankan tugas agar pemilu di Bangka Barat berlangsung aman, rahasia, langsung, umum, dan bebas,” ucapnya. (oka)