Tanggulangi Banjir, Pemkab Babar Siagakan Tim Reaksi Cepat hingga Upaya Pengerukan DAS

BANGKA BARAT, LASPELA – Banjir yang melanda sejumlah titik di Kabupaten Bangka Barat (Babar) dalam kurun waktu ke belakang cukup membuat khawatirk warga. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyiapkan berbagai upaya dalam menanggulangi banjir.

“Jangka pendek kita siagakan tim reaksi cepat untuk bersiaga dan membantu masyarakat di titik-titik banjir, berikut dengan peralatan keselamatannya. Kemudian kita secara periode tertentu melakukan pengerukan daerah aliran sungai,” kata Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming, pada Jumat (19/1/2023).

Sedangkan untuk jangka panjang, Bong Ming Ming menyampaikan bakal berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Badan Wilayah Sungai (BWS) Bangka Belitung.

“Dalam waktu dekat kita bakal melakukan rapat bersama Provinsi dan BWS melakukan pemetaan titik-titik banjir dan mengatasi penyebab banjir secara utuh karena ada beberapa (titik) yang ada kewenangan ada di BWS, Provinsi maupun Kabupaten,” ucapnya.

Bong Ming Ming ingin permasalahan banjir ini dapat teratasi sepenuhnya, dengan berbagai upaya, seperti pengerukan aliran sungai, perluas daya tampung di pintu air culong dan peningkatan bangunan kolam retensi di Kampung Ulu.

“Di sana saat rapat nanti kita melakukan perencanaan apa yang mesti kita bangun, apa yang mesti kita intervensi sehingga banjir ini bisa teratasi, sehingga penanganannya nanti tidaklahpas (terjadi) banjir baru kita selesaikan. Jadi, nanti betul-betul tersistem,” katanya. (oka)