Jadi Sasaran Vandalisme, Puluhan Makam Leluhur Warga Tionghoa Dicoret Pakai Pilox

SUNGAILIAT, SUNGAILIAT — Sebanyak 20 makam leluhur warga Tionghoa di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kemujan Sungailiat menjadi sasaran aksi vandalisme orang tak dikenal.

Pengurus Harian Yayasan TPU Kemujan, Aming Hoya mengatakan, aksi tersebut baru diketahui pada Minggu (22/1/2023) saat pihak keluarga datang ke kuburan leluhurnya.

“Diduga aksi ini dilakukan siang hari, karena paginya belum ada laporan terkait ini (vandalisme). Setelah dicek ternyata ada sekitar 20 kuburan yang dicoret-coret menggunakan pilox berwarna merah,” kata Aming, Selasa (24/1/2023).

Pihaknya mengaku sangat menyayangkan aksi tersebut, lantaran tidak memberikan manfaat yang baik untuk orang banyak.

Bahkan, kata dia, pihak Yayasan sudah melaporkan peristiwa Vandalisme ini ke pihak Polres Bangka. Menurut Aming, sudah ada tindak-lanjut dari laporan tersebut dan polisi sudah melakukan pengecekan lokasi.

“Sudah dilaporkan, karena bagaimanapun ini tanggungjawab kami sebagai pengurus Yayasan,” kata Aming.

Agar tidak terulang lagi, pihak Yayasan akan melakukan Patroli rutin guna peningkatan pengawasan area Kuburan.

“Kami akan berjaga sampai ke bagian ujung kuburan. Guna menghindari aksi serupa. Tapi kami berharap kejadian ini tidak terulang lagi ke depannya. Mau bagaimana pun pihak keluarga pasti kecewa karena ini merupakan tempat peristirahatan terakhir keluarnya,” harap Aming. (mah)