Perbanyak Event, Cara UMKM Pangkalpinang Dapat Bertahan dari Kegelapan Perekonomian Dunia 2023

PANGKALPINANG, LASPELA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo memperkirakan perekonomian dunia akan gelap pada tahun 2023, dimulai dari inflasi hingga geopolitik. Namun tentu Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) berharap hal ini tidak terjadi. Untuk itu, ia menginginkan Pangkalpinang dapat bertahan jika memang ekonomi gelap dunia terjadi.

“Ini agak-agak seram, contoh kecil saja Indomie yang akan naik menjadi Rp10 ribu per bungkus, mudah-mudahan ini tidak terjadi,” katanya saat Coffee Morning berasama seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintah Kora Pangkalpinang, Kamis (11/8/2022).

Molen mengatakan, mulai sekarang pihaknya harus berpikir bagaimana caranya agar siap dalam menghadapi hal itu.

“Kalau rejeki geografi memang kita sangat bersyukur ada Timah dan lainnya, nah bagaimana kita fokus ke UMKM,” katanya.

Bagaimana UMKM tetap hidup dengan terus menggelar event-event untuk menarik perhatian orang luar dan cinta produk lokal.

“Pergerakan UMKM kita jalan dari event-event, dengan event olahraga dan lainnya inilah bergerak ekonomi kita dan Pak Presiden juga meminta kita untuk mencintai dan memakai produk lokal,” ujarnya.

Ia menuturkan kepada seluruh masyarakat untuk terus berjuang menghadapi kondisi saat ini.

“Jangan salahkan Pemerintah Pusat dan jangan salahkan Pemerintah Daerah, kita harus berjuang dalam kondisi ini,” katanya. (dnd)