Timgab Bantu Perbaikan Rumah Warga Bencah Terdampak Angin Puting Beliung


Oleh: Nopranda Putra


TOBOALI, LASPELA – Tim Gabungan dari Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satpol PP Bangka Selatan bersama masyarakat dan TNI-Polri, bergotong royong memperbaiki rumah warga di desa Bencah yang rusak akibat terhempas angin puting beliung beberapa waktu lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar dan Penanggulangan Bencana Daerah Bangka Selatan, Agus Hendri Alvando, Kamis, 9 Desember 2021 siang mengatakan setelah dilakukan pendataan rumah yang rusak parah dan sedang akibat puting beliung sebanyak 217 rumah.

“Ada 217 rumah rusak. Bantuan sudah dari Pemkab dan instansi lainnya,” kata Agus.

Untuk saat ini, kata dia pihaknya bersama masyarakat dan TNI/Polri terus berupaya memperbaiki rumah warga. Dari 217 rumah yang rusak akibat peristiwa tersebut, sudah hampir 50 rumah selesai diperbaiki.

“Sudah hampir 50 lebih rumah yang sudah diperbaiki. Rencana hari sabtu kita kerahkan Tim Gabungan khusus akan melakukan kegiatan gotong royong membantu masyarakat untuk memperbaiki rumah,” terang dia.

Ia menjelaskan, bantuan yang datang berupa bahan material bangunan seperti semen, terpal, asbes, kayu, paku dan lainnya. “Bantuan bahan material untuk perbaikan rumah warga,” ujar dia.

Tak hanya itu, lanjut dia untuk membantu masyarakat yang tidak bisa masak lantaran rumah dan perabot rumah tangganya rusak, pihaknya membuka dapur umum yang digunakan untuk masak dan lainnya.

“Dapur umum sudah kita dirikan untuk keperluan makan minum di sana, baik pekerjaan yang membantu perbaikan rumah dan masyarakat sekitar,” ungkap dia. (Pra)