133 Jawara Pencak Silat dari Berbagai Perguruan Adu Jurus di Kejuaraan Bupati Cup 2021

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 133 atlet silat dari Kabupaten Bangka  mengikuti ajang Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2021.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Bangka, Erlan Hadi Susanto mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan digelar selama lima hari kedepan yakni dari 23 hingga 27 November 2021.

“Ada 133 atlet terdiri dari 13 perguruan pencak silat di Kabupaten Bangka yang akan bertanding, nanti akan kita bagi menjadi dua kategori yakni remaja dan dewasa,” kata Erlan, Senin (22/11/2021) malam di OROM Sungailiat.

Selain itu, ia juga mengatakan kejuaraan ini digelar untuk mencari bibit-bibit atlet silat yang nantinya akan diikutsertakan pada kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi Tahun 2023 di Bangka Barat mendatang.

“Tentu ajang ini sebagai salah satu barometer untuk melihat sejauh mana kemampuan para atlet kita. Kalah menang itu hal yang biasa, tapi semangat sebagai pendekar yang harus kita jaga,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati Bangka, Syahbuddin mengatakan Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup ini merupakan salah satu upaya dalam pembinaan olahraga di Kabupaten Bangka.

“Ini merupakan pembinaan sehingga pelajar maupun masyarakat umum bisa menjadi bagian, apalagi silat merupakan olahraga budaya Indonesia dimana dulu kakek nenek kita membekali diri dengan silat,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi antar peserta mengingat silat adalah olahraga yang paling diminati masyarakat bangka.

“Silat ini bukan untuk gagah-gagahan tapi untuk memaksimalkan kemampuan diri, bisa menciptakan prestasi untuk kabupaten bangka ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Syahbuddin.

Selain itu, ia juga meminta agar wasit yang memimpin pertandingan untuk bisa menilai secara objektif sehingga hasil yang diraih oleh peserta murni dari usahanya.

“Kalah menang itu biasa, yang penting tetap berusaha dan terus jaga sportifitas,” pintanya.(mah)