Isyak Meirobie: HUT ke-21 Jadi Kado Terindah Ditetapkannya Geo Park Belitong oleh Unesco

TANJUNGPANDAN, LASPELA – Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan dengan ditetapkannya Kabupaten Belitung oleh Unesco Global Geopark Belitong (UGG) sebagai kawasan Geo Park dunia yang memiliki keunikan giologis dan budayanya, merupakan kado terindah Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Provinsi Babel.

Seperti di ketahui, Kabupaten Belitung  sebelumnya dikenal dengan ikon Laskar Pelangi, dan kini lebih dikenal lagi dengan ditetapkannya Geo Park Belitong oleh Unesco, sebagai kawasan Geo Park dunia yang memiliki keunikan giologis dan budayanya.

“Geo Park Belitong ini namanya saja Belitung, tapi ini semua adalah hak milik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk itu saya mengajak masyarakat Bangka Belitung untuk menjadikan ini suatu kebanggan bersama, sehingga bisa menarik wisatawan datang di tengah Pandemi Covid-19. Dan bisa menjadikan suatu brand kebanggan di Internasional” ujarnya kepada awak media usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dilaksanakan di kawasan Pantai Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung, Senin (22/11/2021).

Menurut Isyak, mendapatkan Unesco Global Geopark ini bukan perkara mudah, mempertahankannya juga susah, jadi ini harus jaga bersama untuk mendatangkan wisatawan di tengah Pandemi.

“Yang paling penting dampak ekonomi dan sosial dari Unesco Global Geopark tersebut, yaitu bagian dari tranformasi ekonomi dari lama ke baru melalui Unesco Global Geopark. Untuk itu kami fokuskan bagaimana menjadikan Unesco Global Geopark sebagai batu loncatan, yang sama ketika saat ini belum ada daerah yang di unggulkan sebagai daerah wisata,” katanya.

Dia menyebutkan meski ada 5 prioritas nasional boleh ada 10 destinasi wisata baru di Tanah Air, namun di tengah Pandemi ini semuanya pada garis start yang sama.

“Saya berharap kedepan Belitung dan Bangka harus bergandengan tangan untuk menjadi pemimpin di bidang pembangunan pariwisata,” tuturnya.

Isyak juga optimis, pariwisata Belitung akan semqkin tumbuh dan berkembang di tengah pandemi seiring ditetapkan Belitung sebagai Unesco Geopark Global Belitong.

Sementara Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan ditetapkannya Kabupaten Belitung oleh Unesco Global Geopark Belitong (UGG) sebagai kawasan Geo Park dunia tentu ini merupakan dorongan untuk Belitung.

“Di momentum HUT (Hari ulang tahun) ke-21 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini Unesco Geopark Global Belitong harus kita dorong betul sehingga kedepan kehadiran Unesco Geo Park Belitong dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat Belitung, karena kehadiran Unesco Geo Park Belitong bukan kaleng-kaleng, tapi ini merupakan penghargaan dunia,” ucapnya.

Erzaldi menambahkan, kalau momentum ini diambil  ditambah lagi dengan hari jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maka bukan menjadi alasan kalau Kabupaten Belitung dan Belitung Timur untuk tidak maju pariwisatanya.(wa)