Polsek Lepong Gandeng Nakes Jemput Bola Vaksinasi Massal di Kebun Warga Tanjung Sangkar


Oleh: Nopranda Putra



LEPONG, LASPELA – Dalam rangka menguatkan herd imunity atau kekebalan kelompok, Polsek Lepar Pongok  melaksanakan vaksinasi di Perkebunan warga di Desa Tanjung Sangkar, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Rabu 1 September 2021.

Vaksinasi tersebut turut melibatkan lima orang tenaga kesehatan Puskesmas Lepar Pongok untuk sebagai vaksinator vaksinasi.

Kapolsek Lepar Pongok, IPDA Jonathan mengatakan sebanyak 62 orang warga Tanjung Sangkar telah melakukan vaksinasi Covid-19.

“Masyarakat yang telah divaksin ada 62 orang, tahap pertama 51 orang dan tahap kedua 11  orang,” kata Jonathan.

Dijelaskan dia, untuk vaksinasi tersebut, pihaknya menggunakan vaksinasi jenis moderna dan Sinovac.

“Untuk vaksinasi di wilayah Lepar Pongok, kami siapkan vaksin Moderna 3 vial atau 390 dosis dan Sinovac 10 vial 1.300 dosis,” jelas dia.

Kegiatan vaksinasi, kata pria yang akrab disapa Jo ini menyebutkan dilakukan secara dor to dor atau pintu ke pintu rumah warga dan ditargetkan 100 orang.

“Lokasi Vaksinasi pada pelayanan vaksin dor to dor dan Puskesmas Tanjung Labu Pulau Lepar. Kalau target vaksinasi harian 100 org oer hari,” terang dia.

Diungkapkan dia, untuk ketersediaan vaksin saat ini yakni Moderna 20 Vial dan Sinovac 40 Vial. “Sementara sisa vaksin Moderna 17 vial dan Sinovac 30 vial,” ujar dia.

Tujuan dari vaksinasi, ia berharap terrbangunnya herd immunity masyarakat Desa Tanjung Sangkar dalam menghadapi dampak Covid-19 serta tercapainya target pelaksanaan vaksinasi secara nasional sehingga masyarakat semakin patuh dalam penerapan protokol kesehatan.

“Tercapainya pelaksanaan tugas untuk percepatan vaksin dalam menanggulangi pencegahan virus Covid-19 dan terjaganya hubungan silaturahmi antara personil Polsek Lepong, petugas puskesmas dan masyarakat sekitar,” ungkap dia. (Pra)