Dorong Pencapaian Target PAD 2021, Pemkab Basel Fokus ke Sektor Pertanian dan Perikanan


Oleh: Nopranda Putra
*PAD 2020 Minus Rp Miliar



TOBOALI, LASPELA – Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan dengan adanya minus pendapatan asli daerah (PAD) Bangka Selatan pada tahun 2020 kemarin disebabkan adanya pandemi Covid-19 yang melanda. Sehingga, target PAD tahun 2021 hanya Rp 34 miliar dan jika dibandingkan dengan tahun 2020 yang terealisasi hanya Rp 32 miliar dari target Rp 34 miliar, artinya minus Rp 2 miliar.

“Karena kondisi seperti ini, tapi nanti realisasi kita lihat sjaa, karena saya kasi target rendah itu bukannya apa,agar pencapaian ketika wah lain kesannya,” kata Riza usai menghadiri rapat paripurna dalam rangka penyampaian rancangan perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020.

Untuk itu, kata Riza upaya untuk menggenjot keuangan daerah guna mendongkrak pertumbuhan perekonomian di Bangka Selatan,ia akan mencari alternatif lain guna menaikan perekonomian masyarakat yakni dari sektor unggulan seperti pertanian, perkebunan dan perikanan.

“Kita cari alternatif lain yang bisa menaikan perekonomian di Basel, saya fokus ke pertanian, perkebunan dan perikanan. Itu merupakan sektor yang paling diunggulkan dan kita akan genjot sektor itu dan Bangka Selatan termasuk penyumbang tertinggi kemajuan perekonomian di Provinsi Babel,” ungkap Riza.

Menurut dia, komoditi perkebunan,perikanan dan pertambangan saat ini tengah tumbuh subur di tengah tengah kehidupan masyarakat Bangka Selatan.

” Harga sawit, karet, pertambangan dan lada sudah alhamdulillah dan itu penghasilan masyarakat Bangka Selatan dan itu yang mempertahankan laju pertumbuhan perekonomian Bangka Selatan,” ujarnya. (Pra)

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Dalam Dua Hari, 1.803 Orang di Bangka Selatan Divaksin Covid-19

BANGKA BELITUNG

Kapolres Tegaskan Tidak Ada Istilah Sarang Narkoba di Wilkum Polres Basel

BANGKA BELITUNG

Pemkab Basel Terima Bantuan 57 Ekor Sapi dari Mitra Kerja

BANGKA BELITUNG

Fun Road Race 2 Bateng Berlangsung Meriah

BANGKA BELITUNG

Kakwarda Melati Inginkan Pelatih Pembina Mampu Cetak Pramuka Garuda

BANGKA BELITUNG

Yuslih :  Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat Beltim Tercinta

BANGKA BELITUNG

Afriadi Akan Tampilkan Karya ilmiah Tentang Literasi Lingkungan

BANGKA BELITUNG

Sambangi Teh Poci PGK, Monica : UMKM Kecil Perlu Perhatian Lebih
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: