Klaster Perkantoran Sungailiat Kembali Bertambah Dua Orang Positif Covid-19

SUNGAILIAT, LASPELA — Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka kembali bertambah dua orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengatakan jika penambahan kasus tersebut berasal dari klaster perkantoran yang ada di Sungailiat.

“Pada hari ini di Kabupaten Bangka kembali bertambah dua orang positif Covid-19, dengan inisial LG umur 53 tahun dan I umur 55 tahun yang merupakan pegawai di lembaga penyiaran di Sungailiat,” ungkap Boy, Minggu (30/8/2020).

Boy menjelaskan jika sebelumnya di lembaga penyiaran ini sudah dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu guna mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di area kantor, pihaknya mengatakan akan menutup sementara waktu lembaga tersebut.

“Sebelumnya MM dan AH sudah terkonfirmasi positif Covid-19, dan sekarang bertambah lagi dua kasus positif. Untuk itu kami meminta agar lembaga penyiaran ini ditutup sementara waktu,” ujar Boy.

Selanjutnya, kata Boy, yang bersangkutan langsung dibawa ke Balai Diklat Provinsi Bangka Belitung untuk menjalani karantina dan perawatan.

“Semua sudah di karantina, yang mana tiga orang di Provinsi Bangka Belitung, dan satu orang diisolasi di RS Depati Bahrin Sungailiat,” kata Boy.

Upaya selanjutnya yang dilakukan oleh tim gugus adalah melakukan tracking terhadap orang yang pernah kontak dengan pasien.

“Tim gugus melalui Dinkes Bangka akan melakukan tracking terhadap yang kontak dengan I dan LG. Kemudian juga tim BPBD Bangka akan melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar area kantor guna memutus rantai penyebaran Covid-19,” terang Boy.

Hingga kini, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bangka berjumlah 73 orang, dimana 69 orang sudah dinyatakan sembuh.

“Masih ada empat orang lagi, kita berharap semoga Kabupaten Bangka cepat kembali ke zona hijau,” tuturnya. (mah)