Home / BANGKA BELITUNG / Belitung Kembali Masuki Zona Merah, 3 ODP Dinyatakan Positif Covid-19

Belitung Kembali Masuki Zona Merah, 3 ODP Dinyatakan Positif Covid-19

TANJUNG PANDAN, LASPELA– Kabar duka kembali merundung kabupaten Belitung sore hari ini pada Jumat 22 Mei 2020. Hitungan menit setelah dinyatakan sembuh untuk pasien corona virus disesase (covid19) yang kelima atau terakhir dirawat di RSUD Marsidi Juwono kini Kabupaten Belitung menambah 3 orang lagi pasien positif covid-19.

Ketiga orang ini sebelumnya berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan). Mereka adalah pasien bernomor 921, 923 dan 931. Untuk pasien 921 dan 923 memiliki riwayat perjalanan dari negara Bangladesh.

Dari keterangan resmi Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 (GTPPC)  Kabupaten Belitung menyebutkan kepastian 3 ODP positif ini didapati dari hasil laboratorium biomedis realtime PCR dengan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dimiliki RSUD H Marsidi Judono.

“Dengan hasil diatas maka GTPPC Kabupaten Belitung RSUD dr. H. Marsidi Judono kembali menangani 3 pasien positif Covid-19 yaitu pasien 921 pasien ke-6, pasien 923 pasien ke-7 dan 931 pasien ke-8 di Pulau Belitung. Saat ini ketiga pasien Covid-19 positif tersebut sudah diisolasi di RSUD dr. H. Marsidi Judono untuk menjalani perawatan sampai sembuh. Kondisi ketiga pasien tersebut dalam kondisi sehat tanpa menunjukkan gejala klinis terkait covid-19,” ujar dr Hendra direktur RSUD H Marsidi Judono dalam rilis resminya, Jumat (22/5/2020).

dr Hendra mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang merasa pernah kontak erat, pernah berada dalam satu ruangan, pernah berada dalam satu mode transportasi terhadap ketiga pasien Covid-19 tersebut harap segera melaporkan dan memeriksakan diri di posko Covid-19 Dinas Kesehatan terdekat atau pusat deteksi Covid-19 RSUD dr. H.Marsidi Judono Kabupaten Belitung untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan sesuai protap yang berlaku untuk mencegah penyebaran kasus lebih luas. 

GTPPC kabupaten Belitung juga menghimbau kepada seluruh warga Belitung dan sekitarnya untuk kembali mematuhi himbauan pemerintah dalam pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 dengan senantiasa melakukan pola hidup bersih dan sehat, cuci tangan, memakai masker, tidak berkumpul ditempat keramaian, selalu menjaga jarak (phisical distancing).

“Karena sebentar lagi kita akan merayakan Idul Fitri 1441 H tetap bersilaturahmi dengan tidak melakukan kontak erat dan selalu menjaga jarak . kami juga menghimbau tidak berpergian di tempat keramaian maupun tempat-tempat wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa,” imbaunya.(*)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: