Home / BANGKA BELITUNG / Bateng Gelar FOT, Tekerak Ayem Pangkalanbaru Keluar Sebagai Pemenang

Bateng Gelar FOT, Tekerak Ayem Pangkalanbaru Keluar Sebagai Pemenang

Oleh: Jon Piter Wartawan Laspela

KOBA, LASPELA– Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraha (Disbudparpora) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), menyelenggarakan kegiatan Festival Olahraga Tradisional (FOT) di halaman Pemkab Bateng dan diikuti oleh perwakilan dari enam kecamatan yang ada di Bateng.

Kasi Olahraga Disbudparpora Bateng, Budi Randa, mengatakan bahwa program FOT ini merupakan program kementrian yang dilaksanakan setiap tahun genap dengan tujuan untuk menggali nilai- nilai budaya dan kesenian tradisional yang dikaitkan dengan olahraga.

“Substansinya adalah menciptakan jenis olahraga tradisional baru, jadi nanti dengan FOT ini akan muncul olahraga tradisional baru melalui cipta olah keragaman dan kearifan lokal daerah,” kata Budi, Kamis (13/2/2020).

Budi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan seleksi kabupaten yang diikuti oleh setiap kecamatan yang berada di Kabupaten Bateng dengan membawa kearifan lokal masing- masing kecamatan.

“Perlu diketahui bahwa FOT ini dilakukan setiap tahun genap, sedangkan di tahun ganjil pihak Disbudparpora akan menggelar Invitasi Olahraga Tradisional (IOT) yaitu mempertandingkan olahraga tradisional yang sudah ada,” terang Budi.

Dalam lomba kali ini Kecamatan Pangkalan Baru keluar sebagai pemenang FOT dengan nama olahraga tradisionalnya Tekerak Ayem (Tempat Ayam), dan peserta tersebut akan mewakili Bateng untuk mengikuti perlombaan di tingkat provinsi.(*)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: