Home / BANGKA BELITUNG / Berkah Mart, Pasar Desa, dan Jalan Sehat, Bentuk Kolaborasi Masyarakat Desa Melabun

Berkah Mart, Pasar Desa, dan Jalan Sehat, Bentuk Kolaborasi Masyarakat Desa Melabun

Oleh : Wina Destika

MELABUN, LASPELA – Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-8 Desa Melabun, Pemerintah Desa Melabun mengadakan kegiatan Jalan Sehat sekaligus melakukan peresmian Berkah Mart Desa Melabun serta pasar desa, Sabtu (8/2/20).

Dengan tema “Kita Wujudkan Masyarakat Sehat Menuju Desa Yang Hebat”, pemerintah berhasil mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan. Hal ini terbukti dari animo masyarakat yang sudah memadati area kegiatan sejak pukul 06.00 WIB.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh beserta istri Hj. Erliani Melita, Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Prof. Saparudin, Kepala Lembaga Partisipasi, Pengawas, dan Pemerhati Pelayanan Publik (LP5) Babel, Jumli Jamaludin, Kapolsek Sungai Selan, Danramil Sungai Selan, Dankamla Sungai Selan, Kepala Puskesmas Sungai Selan, Kepala Desa Melabun, Darsono, serta masyarakat Desa Melabun. Kegiatan ini terdiri dari jalan sehat yang dilanjutkan dengan peresmian Berkah Mart Desa Melabun, cek kesehatan oleh Puskesmas Sungai Selan serta pembagian doorprize.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh membuka kegiatan pertama yaitu jalan sehat bersama Dirut BUMD Bangka Belitung, Saparudin dan Kepala Desa Melabun, Darsono dengan mengangkat bendera sebagai tanda mulainya acara. Setelah membuka acara, mereka juga mengikuti kegiatan jalan sehat bersama masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Melabun, Darsono, mengucapkan rasa terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, serta kepada seluruh pihak terutama masyarakat yang telah mendukung terwujudnya keberhasilan kegiatan ini. Darsono mengungkapkan bahwa ini akan menjadi pusat perekonomian desa, karena adanya Berkah Mart, pasar desa, Pos Kesehatan Desa, dan pemukiman.

“Sesuai arahan bapak gubernur dan bapak bupati, Berkah Mart harus bisa jadi distributor para pengusaha di desa kita. Jadi bapak ibu yang punya toko jangan takut akan tersaingi oleh Berkah Mart ini. Namun, kita harap harus bisa bekerja sama dengan Berkah Mart, sehingga bapak ibu yang punya usaha tetap bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan setelah diresmikan, Berkah Mart kita dan juga pasar desa bisa berjalan dengan baik, berinteraksi dengan layaknya pasar-pasar sebagaimana mestinya,” tambah Darsono.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada pihak Desa Melabun. Hal ini merupakan kali kedua beliau mengikuti jalan sehat dengan rute yang sama.

“Desa Melabun dengan umur 8 tahun sudah tumbuh pesat, sudah dapat mengejar desa-desa lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, Berkah Mart merupakan terobosan yang luar biasa. Dengan konsep yang berbeda, Berkah Mart akan menjadi distributor bagi produsen atau toko-toko seluruh desa yang ada di Kep. Bangka Belitung serta.

“Kami sangat mendukung adanya Berkah Mart karena ini akan menjadi suatu kemajuan di desa-desa,” ungkapnya. “Saya yakin, kesuksesan ini adalah kesuksesan bersama masyarakat di Desa Melabun. Saya yakin masyarakat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat mendukung penuh perangkat desa. Kalo masyarakat dak ikut berpartisipasi dak pacak pak,” tambah Bupati Ibnu Saleh mengingatkan.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng sebagai perayaan ulang tahun ke-8 Desa Melabun serta kunjungan ke dalam bangunan Berkah Mart serta Pasar Desa Melabun yang baru. Kegiatan ditutup dengan pengambilan kupon doorprize oleh Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh.rill/(wa)

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: