TI Ilegal Rambah Sumber Air Baku SPAM Telek Sadai

Oleh: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Sumber air baku SPAM Telek Sadai, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan pada Jumat (22/11) dihantam oleh aktivitas tambang inkonvensial (TI) ilegal timah jenis rajuk.

Adanya Aktivitas TI ilegal ini bermula dari laporan pelanggan PAM yang melaporkan ke petugas PAM kalau ada aktivitas TI ilegal di sumber air baku SPAM Telek.

“Sejak kamis ada masyarakat atau pelanggan PAM area Sadai Telek lapor ke UPT PAM dan petugas langsung mengecek kebenaran info di SPAM Telek dan benar ada aktivitas TI ilegal jenis rajuk sebanyak 3 unit di sumber baku air SPAM Telek,” kata Kepala UPT PAM Basel, Yudis Siswanto, Jumat (22/11).

Ia sangat menyayangkan dengan adanya aktivitas TI ilegal yang berada di sumber air baku bersih Telek, menurut dia akan sangat mempengaruh dengan kualitas sumber air baku yang akan disuplai setiap hari ke pelanggan.

” Iya, akan mempengaruh pada sumber air baku, dan kami harus kerja ekstra di pengolahannya, karena ditakutkan pompa intake kami dan IPA kami cepat rusak nantinya dan akan menjadi dampak buruk pada pengoperasian suplai air bersih ke pelanggan,” tandasnya.

Untuk itu ia berharap kepada oknum yang membuka aktivitas TI ilegal dekat sumber air baku SPAM Telek Sadai untuk dapat mengerti, kalau dampak dari aktivitas itu pengaruh buruk bagi kualitas sumber air baku di SPAM Telek.

“Kami berharap kita sama- sama menjaga sumber air baku kita, karena sumber air baku SPAM Telek akan didistribusikan kepada pelanggan PAM, untuk pihak terkait mohon bantuan untuk dilakukan persuasif agar oknum TI ilegal dapat berenti atau pindah ke daerah lain yang jauh dari sumber air baku SPAM,” harapnya. (Pra)