Home / BANGKA BELITUNG / Resmi Ditutup, Menpora: Terima Kasih Babel Sukses Selenggarakan PORNAS KORPRI XV

Resmi Ditutup, Menpora: Terima Kasih Babel Sukses Selenggarakan PORNAS KORPRI XV

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali, Senin (18/11/2019) siang, resmi menutup Pekan Olahraga Nasional (PORNAS) Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Tahun 2019 di GOR Sahabuddin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menpora menyebutkan, penyelenggaraan event yang diikuti oleh 34 provinsi dan 50 Lembaga/Kementerian, dengan total 3.895 atlet dan official berlangsung sukses.

“Atas nama Pemerintah saya mengucapkan terima kasih kepada KORPRI, dan khususnya Provinsi Bangka Belitung yang telah Sukses menyelenggarakan PORNAS KORPRI tahun 2019 ini,” ungkapnya.

KORPRI, ditambahkan Menpora, peduli dan mengambil bagian terhadap perkembangan olahraga di Tanah Air. Karena, menurutnya, kalau hanya diserahkan ke Kemenpora saja pasti akan kurang berkembang dan memasyarakat, serta kurang dinikmati masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah menyambut baik PORNAS KORPRI ini.

Menpora juga terus menunggu dan mendukung eksistensi KORPRI di tengah ASN di Indonesia. Saat ini, dijelaskan Menpora, sebelumnya menjadi DPR ada wacana saat itu untuk membubarkan KORPRI, tetapi dirinya yang paling depan mendukung eksistensi KORPRI. Karena, sejarah KORPRI cukup panjang dan berperan, serta berkontribusi positif dalam perjalanan Bangsa ini.
“Dengan adanya KORPRI, lanjut dia, para ASN bisa menyampaikan aspirasi dan pikiran untuk konstruktif pembangunan bangsa dan negara. Terlebih di bidang olahraga ini, akan semakin menguatkan eksistensi KORPRI. Jangan khawatir, KORPRI tidak akan bubar,” tegas Menpora.

Dirinya menunggu pelaksanaan PORNAS KORPRI dua tahun mendatang di Kalimantan Tengah, untuk lebih baik lagi dan dipersiapkan secara matang.
Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Bangka Belitung, Abdul Fatah menyampaikan, PORNAS KORPRI di Bangka Belitung dilaksanakan guna memelihara semangat kebersamaan dan tingkat kesegaran mental dan fisik, di tengah tengah rutinitas sehari – hari, sesuai Tema PORNAS kali ini, “KORPRI Sehat, Melayani, Menyatukan Bangsa”.

PORNAS KORPRI ini, dikatakan Wagub, selain menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan antar anggota KORPRI, juga untuk mengembangkan kreativitas dan bakat olahraga dan melatih diri untuk lebih Sportif, sebagai peran serta dan kepedulian KORPRI dalam pembangunan dan pemasyarakatan olahraga.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh kontingen dengan semangat olahraga yang ditunjukkan dalam event ini.
Sebelumnya, Ketua Umun Dewan Pengurus KORPRI, Zudan Arif Fakruloh mengatakan, PORNAS KORPRI Bangka Belitung adalah penyelenggaraan terbesar dan dengan peserta terbanyak, sejak PORNAS KORPRI diselenggarakan.

Zudan menyampaiakan terima kasih kepada panitia, kontingen dan masyarakat. PORNAS dua tahunan ini, diungkapkannya, merupakan bagian dari hari Ulang Tahun KORPRI yang jatuh pada tanggal 29 November, dan puncaknya tahun ini, akan diselenggarakan di ICBBSD Tangerang, yang akan langsung dipimpin oleh Presiden.

Tahun 2021, sesuai dengan rapat Pengurus KORPRI, telah ditetapkan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai Tuan rumah PORNAS XVI KORPRI, menyisihkan 3 provinsi lain yang bersedia menjadi Tuan rumah.

Dirinya juga mengucapkan Selamat kepada kepada kontingen Kemenpora sebagai Juara Umum Ketiga dengan 5 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu. Juara kedua Jawa Timur dengan 5 emas, 5 Perak dan 7 perunggu. Serta Juara Umum Jawa Barat dengan 7 emas, 2 perak dan 8 perunggu.

Karena sudah tiga kali secara beruntun, dan sesuai kesepakatan bersama, maka, disebutkan Zudan, Piala Presiden akan tetap berada di Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan Penyerahan Piala Juara Umum dan Penyerahan Petaka Bapor KORPRI dari Wagub Bangka Belitung kepada Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI, yang selanjutnya diserahkan kepada Provinsi Kalimantan Tengah, yang diterima oleh Sekda Kalimantan Tengah sebagai Tuan Rumah PORNAS KORPRI Ke XVI.

Penutupan PORNAS KORPRI XV yang juga dihadiri Wakil Ketua Dewan Pengurus Fahmi Idris, Forkopimda Babel, Sekda Babel Yulizar, Kepala Perangkat Daerah, Kontingen dan Ofisial peserta Pornas, ASN di Lingkup Pemprov Babel serta Pelajar SMA/SMK Se-Babel itu, turut dimeriahkan dengan penampilan Tari kreasi Kota Kapur, Paduan Suara ASN Pemprov Babel Serumpun Sebalai, Senam Bedincak dari gabungan SMA/SMK Se-Babel dan Penampilan Artis Ibukota Kristina.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: