Home / BANGKA BELITUNG / Bibit Gratis, Program Inovatif Sanem Dan Isyak

Bibit Gratis, Program Inovatif Sanem Dan Isyak

Oleh: Andini Dwi Hasanah

BADAU, LASPELA- Penyerahan bibit pertanian dalam pelaksanaan program Bagi Bibit Gratis Untuk Kampong (BAGUK) di serahkan langsung Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada masyarakat, Rabu, (06/11/2019).

Sanem mengatakan program inovatif BAGUK tersebut merupakan programnya bersama Wakil Bupati Isyak Meirobie, Ia berharap masyarakat Belitung dapat berswasembada pangan.

“Minimal untuk kebutuhan diri sendiri tadi, program ini merupakan program saya dengan pak wakil kemarin, untuk menuju ketahanan pangan,” ujarnya.

Sanem berharap dengan diberikannya bibit secara gratis kepada beberapa masyarakat ini agar nantinya kedepan kebutuhan seperti buah-buahan tidak lagi membeli dari luar, namun Belitung sudah menghasilkan sendiri.

“Agar nanti kite di Belitong lah siap buah-buahan tidak perlu beli dari luar lagi, ini juga dalam rangka untuk mengisi sisi pariwisata kita, juga untuk menjaga inflasi daerah kita, karena kita ni konsumtif suka datang dari luar, nah hal seperti ini kedepan nye dak perlu agik datang dari luar,” jelasnya.

Tak hanya bibit bahan pokok dan buah-buahan saja yang dibagikan secara gratis dalam kesempatan tersebut, Bupati Sanem juga memberikan bantuan bibit DOC ayam ras pedaging melalui Kegiatan Pengembangan Ternak Unggas.

“Semoga apa yang telah kita berikan ini dapat tumbuh dengan baik, dan tentunya di jaga dan dirawat dengan baik agar kelak bisa bermanfaat untuk kita masyarakat Belitung ini,” harapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly. Ia mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program BAGUK yang sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2018 lalu.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi para penerimanya,” tuturnya.

Destika berharap kepada masyarakat terutama kepada tim penyuluh agar bibit-bibit yang dibagikan ini dapat dijaga dengan baik agar hidup dan berguna bagi masyarakat.

Ia menerangkan bantuan yang diberikan berupa Benih Sawo sebanyak 500 batang, Mangga sebanyak 500, Jambu Jamaika sebanyak 1000 benih, Jambu Kristal sebanyak 1500 benih, Alpukat sebanyak 500, dan dibagikan untuk seluruh kecamatan di kabupaten Belitung

Sedangkan bantuan berupa DOC ayam Ras Pedaging sebanyak 20000 ekor, Pakan ternak sebanyak 15.500 kg, Obat-obatan dan vitamin sebanyak 3 paket, Mesin Pencabut Bulu sebanyak 3 unit yang akan diberikan kepada Kelompok Tani Mandiri Sejahtera Desa Terong Kecamatan Sijuk, Kelompok Tani Karya Mandiri Desa Perawas Kecamatan Tanjungpandan, dan Kelompok Tani Tunas Harapan Desa Aik Batu Buding Kecamatan Badau. (din)

About wahyulaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: