Home / BANGKA BELITUNG / Gubernur Babel Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Gubernur Babel Pimpin Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi

*Erzaldi Targetkan Tuntaskan Masalah Listrik di Pulau Kecil Tahun 2020

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, memimpin secara langsung Upacara Peringatan Detik – Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2019 tingkat Provinsi Babel, di Halaman Kantor Gubernur Babel, Sabtu (17/08/2018) pagi.

Upacara yang berlangsung Khidmad tersebut, juga dihadiri Wakil Gubernur Abdul Fatah, Forkopimda, Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi, Wakil Ketua TP PKK Babel Laksmi Abdul Fatah, Pj. Sekda Babel Yulizar, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator Pemprov Babel, Pejabat dari instansi vertikal, Veteran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda.

Selain pejabat daerah, turut hadir sebagai peserta upacara, antara lain Personel TNI-Polri, ASN, Pemuda Pancasila, Perwakilan Pelajar se-Babel.

Upacara Bendera peringatan detik-detik Proklamasi tahun 2019, tingkat Provinsi Babel ini, didahului dengan laporan Komandan Upacara Mayor Arm.Frengky Tri Wibowo kepada Gubernur Erzaldi Rosman. Dilanjutkan penghormatan lambang kebesaran, dan Peringatan Detik-detik Proklamasi, yang ditandai dengan penekanan tombol sirine selama satu menit.

Lalu, Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya dan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung Gubernur Erzaldi selaku Inspektur Upacara, diteruskan dengan pembacaan do’a.

Puncak peringatan upacara detik-detik Proklamasi, yaitu Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, terdiri dari Pasukan 17 dan Pasukan 45, yang merupakan Gabungan dari Putra-Putri terbaik Babel dan TNI/POLRI.

Yeni Artha Aulia, Siswi SMAN I Simpang Pesak Kabupaten Belitung Timur dipercaya sebagai pembawa Baki Duplikat Sang Saka Merah Putih. Sementara petugas Pengerek dan Pengibar Bendera diberikan kepada Rizky Aryyanto, siswa SMKN 1 Kelapa Kampit Belitung Timur, Rama Krisna Septiawan dari SMKN 1 Koba Bangka Tengah dan Fahran Sauqih Panggabean dari SMKN 4 Kota Pangkalpinang, dengan Danton Riski Adi Nurrahman dari SMAN 2 Toboali Bangka Selatan.

Sebelum upacara peringatan detik-detik Proklamasi dilaksanakan, juga ditampilkan paduan suara Aubade 17 Agustus 2019, Gabungan dari SMA/SMK Se-Babel dan dibantu oleh Trio Talenta Pelajar serta Trio ASN Pemprov.

*Gubernur: Generasi Muda, Jangan Banyak Omong

Gubernur Babel Erzaldi Rosman dalam wawancaranya usai upacara mengatakan, memaknai momentum Peringatan HUT RI Ke 74 tahun 2019 ini, hendaknya seluruh masyarakat Babel terus Berkarya demi Nusa dan Bangsa.

Di setiap tanggal 17 Agustus ini, menurutnya, selalu ada rasa ingin terus berjuang demi kesejahteraan masyarakat dan bangsa. Terkait tema yang diambil pada tahun ini yaitu SDM Unggul, Indonesia Unggul, babel tertantang untuk memajukan SDM. Jangan sampai Sumber Daya Alam (SDA) Bangka Belitung yang berlimpah yaitu SDA yang spesifik dan tidak dimiliki daerah lain ini, tidak bermakna apa – apa, dan tidak memberikan hasil yang signifikan karena SDM-nya tidak unggul.

“Momen ini kita jadikan momen bangkitnya Babel untuk maju secara SDM, sehingga ke depan masyarakat Babel dengan SDM-nya menjalankan fungsi dan tugasnya masing – masing demi kesejahteraan Babel. Juga dalam SDM di Pemerintahan, akan kita tata dan tingkatkan profesionalnya melalui upgrade kapasitasnya,” ujarnya.

Disinggung mengenai pemerataan pembangunan, dirinya menyampaikan bahwa Pemprov Babel selalu berupaya dalam pemerataan pembangunan. Seperti di sektor kelistrikan yang saat ini sudah tidak ada daerah yang tidak dialiri listrik.

“Ke depan, dalam upaya pemerataan pembangunan pemerintah akan memperkuat konektifitas distribusi barang maupun penumpang atau konektifitas antar pulau. Selanjutnya juga Babel akan mengandalkan energi yang diperbaharukan,” tutupnya.rill/(wa)

About winalaspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish