Home / BANGKA BELITUNG / Polairud Babel Amankan Satu Unit PIP di Perairan Air Kantung

Polairud Babel Amankan Satu Unit PIP di Perairan Air Kantung

SUNGAILIAT, LASPELA –– Satu unit Tambang Inkonvensional (TI) dan Ponton Isap Produksi (PIP) berhasil diamankan oleh Dir Polairud Bangka Belitung (Babel) yang beroperasi di perairan Air Kantung, Sungailiat.

Operasi yang dilakukan senin (29/07/19) malam pukul 20.00 wib dipimpin langsung Kasubdit Patroli Airud, AKBP Steyvanus seizin Kombes Pol Muhammad Jainur.

Ia mengatakan PIP tersebut turut diamankan karena izin (Surat Perintah Kerja) dari PT Timah sudah habis.

“Tetap kita aman meskipun katanya akan diperpanjang, kami akan melaksanakan pemeriksaan kalau memang PT Timah bisa meyakinkan kepolisian administrasinya diperpanjang lagi nanti kebijakan pimpinan untuk menindaklanjuti apakah nanti di SP3 atau dibuat pernyataan bahwa mereka tidak akan melakukan aktivitas sebelum adanya pembaruan izin SPK,” ujarnya .

Kegiatan itu juga turut mengamankan satu TI dan tiga pelaku serta barang bukti timah setengah ember kecil.

“Tiga pelaku kita amankan dan satu ojek perahu untuk kita ambil keterangannya,” terang Steyvanus.

Operasi tersebut dilakukan oleh pihaknya karena mendapatkan laporan dari intel adanya TI ilegal yang beroperasi di muara air kantung sungailiat.

“Infonya mereka masuk sudah dua minggu lalu. Tapi kita sudah lakukan tindakan ini sesuai prosedur, kita kasih peringatan dulu sampai tiga kali tapi masih saja bandel, kita ultimatum dan masih saja berjalan terpaksa kita tindak,” tambahnya.

Steyvanus mengatakan akan terus melakukan penertiban dan mendata mana saja mitra PT Timah serta yang bukan mitra agar tidak menimbulkan konflik di masyarakat.

“Kedepan TI ilegal diperairan Air Kantung akan ditindak tegas, apalagi yang bisa timbulkan konflik dan mengganggu alur pelayaran. Kita juga akan melakukan pendataan mana yang mitra PT. Timah, mana yang bukan mitra PT. Timah,” terangnya.(mah)

About wahyulaspela

x
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish